Text
Urgensi Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Mambaul Ihsan
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kecerdasan Emosional, Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pendidikan karakter siswa
sehingga mereka tidak dapat mengatur emosinya sendiri. Dengan
penelitian ini diharapkan guru sebagai pencetak generasi tidak hanya mampu
mencerdaskan intelektual saja akan tetapi juga mampu mencerdaskan emosional
siswa. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bagaimana
kondisi kecerdasan emosional siswa SMK Mamabaul Ihsan (2) Bagaimana
penerapan pendidikan karakter terhadap perkembangan kecerdasan emosional
siswa (3) Bagaimana urgensi pendidikan karakter terhadap kecerdasan emosional
siswa di SMK mambaul Ihsan. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu (1)
Untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional siswa SMK Mambaul Ihsan
(2) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter terhadap perkembangan
kecerdasan emosional siswa SMK Mambaul Ihsan (3) Untuk mengetahui urgensi
pendidikan karakter terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa SMK
Mambaul Ihsan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, prosedur
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan
gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang
sebenarnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting
dalam peningkatan emosional siswa. Peran guru sebagai pendidik dalam
meningkatkan emosional siswa di SMK Mambaul Ihsan yaitu dengan selalu
membimbing atau memotivasi dan membina emosional siswa dengan mengisi
kegiatan positif diluar kelas. Selain itu fasilitas yang sudah cukup memadai sering
digunakan untuk kegiatan di sekolah. Dan rendahnya emosional siswa dapat
diukur dengan seberapa maksimal pendidikan karakter yang diterapkan oleh
gurunya, dan pendekat seorang guru terhadap siswanya juga sangat dibutuhkan
baik didalam atau diluar kelas, karena jika pendidikan yang diterapkan kurang
maksimal dan kurangnya pendekatan terhadap siswanya maka siswa akan sulit
mengelola emosinya, memotivasi dirinya dan juga kurangnya rasa empati
terhadap orang lain. jika pendidikan yang ditanamkan oleh guru sudah baik maka
siswa akan mudah mengelola emosinya dengan baik disaat menghadapi
permasalahan yang dianggapnya rumit
Tidak tersedia versi lain