Text
Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Siswa di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Kecamatan Pademawu
Kata Kunci: Pola Asuh Otoriter, Orang Tua, Kepribadian
Keluarga merupakan rumah pendidikan pertama bagi seorang anak dan
tentunya peran keluarga sangatlah memiliki peranan yang sangat penting bagi
pertumbuhan dan perkembangan anak khususnya di usia remaja. Orang tua yang
menerapkan pola asuh dengan jenis otoriter identik dengan menerapkan peraturan
ketat terhadap anaknya dan tidak memberi kesempatan untuk menyampaikan
pendapat dan jika anak tersebut tidak mematuhi akan diancam dan dihukum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah pola asuh otoriter orang
tua berpengaruh terhadap kepribadian siswa di SMP Syekh Abdurrahman Rabah
Kecamatan Pademawu, dan 2) Seberapa besar pengaruh pola asuh otoriter orang
tua terhadap kepribadian siswa di SMP Syekh Abdurrahman Rabah Kecamatan
Pademawu.
Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis
korelasi untuk menggambarkan dua atau lebih fakta dan sifat objek yang diteliti.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala yang
indikatornya diperoleh dari ciri-ciri atau karakteristik di bagian karakteristik pola
asuh otoriter dan tipe kepribadian. Subjek yang digunakan peneliti yaitu 30 siswa
dari tiga kelas yang tiap kelasnya diambil 10 siswa. Analisis data dalam penelitian
ini menggunakan teknik uji t (t test) dengan aplikasi SPSS versi 24 untuk
memperoleh apakah hipotesis diterima atau ditolak.
Tidak tersedia versi lain