Text
Analisis Peran Guru BK Terhadap Perilaku Disiplin Siswa di SMK Bustanul Ulum Tegangser Waru Pamekasan
Kata Kunci: Peran Guru BK, Perilaku Disiplin Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru BK terhadap perilaku disiplin
siswa. Tujuannnya dari peneliti ini adalah untuk mengetahui peran guru BK
Terhadap perilaku disiplin siswa di SMK Bustanul Ulum Tegangser Waru
Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus peneliti yang menjadi acuan
kajian peneliti ini yaitu: Pertama, bagaimana gambaran perilaku disiplin siswa di
SMK Bustanul Ulum Tegangser Waru Pamekasan? Kedua, bagaimana peran guru
BK terhadap perilaku disiplin siswa di SMK Bustanul Ulum Tegangser Waru
Pamekasan? Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat guru BK terhadap
Perilaku disiplin siswa di SMK Bustanul Ulum Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, prosedur pengumpulan data
yang digunakan oleh peneliti diantaranya Wawancara, Observasi, Dokumentasi.
Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Kemudian dalam proses keabsahan data hasil penelitian melalui
perpanjang keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan yang yang
terakhir melalui triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gambaran perilaku
disiplin siswa di SMK Bustanul Ulum Tegangser Waru Pamekasan yaitu minimnya
pemahaman tentang kedisiplinan terutama bagi siswa baru. Dimana siswa yang
sering tidak disiplin kebanyakan adalah siswa laki-laki. Dan perilaku tidak disiplin
siswa tersebut antara lain sering datang terlambat ke sekolah, dan juga sering
mengeluarkan seragam mereka hanya untuk bergaya semata. Kedua, Peran guru BK
terhadap perilaku disiplin siswa di SMK Bustanul Ulum Tegangser Waru Pamekasan
yaitu sangat berperan aktif dimana guru BK memanggil siswa yang terlambat ke
ruang BK, guru BK juga memberian sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib.
Serta guru BK memanggil orang tua siswa jika siswa tersebut sudah sangat banyak
melanggar tata tertib sekolah. Ketiga, faktor pendukung guru BK terhadap perilaku
disiplin siswa di SMK Bustanul Ulum Pamekasan yaitu: (a) Adanya dukungan penuh
dari kepala sekolah terhadap kegiatan guru BK. (b) Guru BK membantu siswa yang
kurang disiplin dengan memberikan teguran dan juga sanksi agar siswa jera. (c) Guru
BK melakukan home visit agar dapat berkolaborasi dengan orang tua siswa dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya
antara lain: (a) Masih banyak siswa yang sering melanggar tata tertib meskipun
sudah ditegur dan diberikan sanksi. (b) Kurangnya kerjasama dari guru-guru lain
dalam membantu guru BK. (c) Kebanyakan siswa yang melanggar tata tertib sekolah
Tidak tersedia versi lain