Text
Efektivitas Teknik Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Kerjasama Dalam Kelompok Belajar Siswa Kelas VIII D di MTs Miftahul Qulub Polagan Pamekasan
Kata Kunci: Teknik Reward dan Punishment, Kerjasama Kelompok Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kerjasama siswa ketika
mengikuti belajar mengajar khususnya dalam kelompok belajar siswa. Dimana
siswa cenderung pasif, artinya siswa kurang terlibat dalam kelompok, kurang
aktif, enggan memberikan pendapat, sibuk sendiri tidak membantu teman
kelompoknya. Kebanyakan siswa menunggu intruksi dari ketua kelompok
masing-masing. Kurangnya kerjasama ini merupakan salah satu problem yang
kerap terjadi pada siswa ketika masih duduk di bangku sekolah. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui apakah treatment yang diberikan peneliti berupa
teknik reward dan punishment dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam
kelompok belajar. Berdasarkan pemaparan diatas, rumusan masalah yang
terkandung dalam kajian penelitian ini, 1) Bagaimana efektivitas teknik reward
dan punishment untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok belajar siswa
kelas VIII D di MTs Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. 2) Apakah ada
perubahan yang siginifikan pada skor kerjasama kelompok belajar siswa kelas
VIII D di MTs Miftahul Qulub setelah diberikan teknik reward dan punishment.
Tidak tersedia versi lain