Text
Pengaruh Teknik Analisis Transaksional Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di MAN 1 Pamekasan
Kata Kunci: Teknik Analisis Transaksional, Interaksi Sosial, Siswa MAN 1
Pamekasan
Interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara satu individu atau lebih,
dimana perilaku individu yang satu dapat mempengaruhi, dapat mengubah, serta dapat
memperbaiki individu yang lain.interaksi sosial tidak akan terjadi apabila tidak memenuhi
syarat yaitu kontak sosial dan adanya komunikasi. Kontak sosial yaitu adanya hubungan
sosial antara individu satu dengan individu yang lain yang bersifat langsung. Seperti
dengan sentuhan, percakapan, maupun tatap muka sebagai wujud aksi dan reaksi.
Sementara komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dar seseorang kepada orang lain
yang dilakukan secara langsung maupun dengan alat bantu atau media agar orang lain
memberikan tindakan atau tanggapan tertentu.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis transaksional dapat
meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa dan untuk mengetahui tingkat pengaruh
teknik analisis transaksional terhadap kemampuan interaksi sosial siswa di MAN 1
Pamekasan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksperimen. Subjek yang diteliti sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dan wawancara. Teknik yang digunakan yaitu analisis data statistic non
parametrik Wilcoxon. Penelitian ini menggunakan penelitian non parametrik, karena
subjek yang diteliti hanya 8 siswa dan termasuk kedalam data ordinal. Dalam proses
analisis data menggunakan bantuan aplikasi software SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik analisis transaksional
berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa di MAN 1
Pamekasan. Sedangkan tingkat pengaruh teknik analisis transaksional dalam
meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas X IPA di MAN 1 Pamekasan
menunjukkan hasil yang signifikan, dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon rata-rata
peningkatan yaitu 4,50 dan dibuktikan dengan nilai Asympig.Sig 0,012 lebih kecil dari
0,05 yang berarti ada peningkatan nilai yang signifikan antara pre-test ke post-test. Hal
ini juga diperkuat oleh data hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti, siswa
mengalami perubahan perilaku setelah diberika treatment. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
teknik analisis transaksional efektif terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial
siswa di MAN 1 Pamekasa
Tidak tersedia versi lain