Text
Pembinaan Akhlaq Remaja Melalui Pengajian Kitab Bulughul Marom di Masjid Qurratul Uyun Desa Trasak Larangan Pamekasan
Kata kunci : Pembinaan, Akhlaq, Remaja
Pembinaan merupakan usaha seseorang untuk membangun, memperbaiki dan
membina sesuatu yang dituju, akhlaq adalah sebuah perangai seseorang yang bisa baik
ataupun bisa buruk, dan remaja merupakan orang yang sudah memasuki masa dimana sangat
rentan dalam pembentukan karakternya sehingga sangat diperlukan pengawasan yang ekstra
agar akhlaq remaja menjadi baik. Pembinaan akhlaq remaja merupakan suatu kegiatan yang
dikemas dengan pengajian dan dilaksanakan di Masjid Qurratul Uyun dengan pembinanya
adalah K. Ach Jufri, M.Pd.
Dalam penelitian yang peneliti ajukan memiliki tiga fokus sebagai berikut : pertama,
apa saja metode yang dipakai dalam pembinaan akhlaq remaja melalui pengajian kitab
Bulughul Marom di Masjid Qurratul Uyun Desa Trasak Larangan Pamekasan. Kedua, apa
saja materi yang disampaikan dalam pembinaan akhlaq remaja melalui pengajian kitab
Bulughul Marom di Masjid Qurratul Uyun Desa Trasak Larangan Pamekasan. Ketiga, apa
saja faktor yang dialami dalam pembinaan akhlaq remaja melalui pengajian kitab Bulughul
Marom di Masjid Qurratul Uyun Desa Trasak Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis lapangan dikarenakan
data yang diambil berupa kata-kata bukan angka. Sumber data yang diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pembina pembinaan akhlaq
remaja, salah satu pengurus Masjid Qurratul Uyun, salah satu santriwati, dan 2 wali
santri/wati yang mengikuti Pembinaan Akhlaq Remaja Melalui Pengajian Kitab Bulughul
Marom di Masjid Qurratul Uyun Desa Trasak Larangan Pamekasan. Sedangkan pengecekkan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, metode yang dipakai dalam
pembinaan akhlaq remaja adalah metode ceramah dan metode sorogan karena dirasa efektif
dan sudah lumrah dipakai dalam pengajian kitab kuning. Kedua, materi yang disampaikan
atau disajikan dalam pembinaan akhlaq remaja sangat banyak diantaranya materi thaharoh,
sholat, puasa, zakat dan materi lainnya yang di setiap materi masih dibagi lagi menjadi bab
per-bab. Ketiga, faktor yang dialami pembina sangat bervarian diantaranya dari segi internal
seperti IQ, EQ, dan SQ serta dari segi eksternal seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat
Tidak tersedia versi lain