Text
Efektivitas Bibliokonseling untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan
Kata Kunci: Bibliokonseling, Kreativitas Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki kreativitas
belajar yang rendah sehingga banyak siswa yang tidak memahami pentingnya
kreativitas belajar dan dampaknya pada proses belajar serta perolehan nilai belajar
yang didapatkannya. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada
penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah efektivitas bibliokonseling untuk
meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan;
kedua, seberapa besar efektivitas bibliokonseling terapi untuk meningkatkan
kreativitas bealajar siswa kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bibliokonseling terapi
untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII-D di SMP Negeri 2
Larangan. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre
experimental design desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest
design, dengan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive
sampling berdasarkan skor skala minat belajar siswa dengan kategori sedang
berjumlah 4 siswa kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bibliokonseling sangat efektif dalam
meningkatkan kreativitas belajar siswa. Ditunjukkan dengan uji Paired Sample TTest diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,023 dan kurang dari 0,05,
maka ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata pre-rest dan post-test.
Serta ditunjukkan dengan nilai T hitung 4,303 lebih besar dari T Tabel dengan
nilai df3 adalah 0,3809, maka ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel
terikat (Y). Hasil pengujian nilai korelasi sebesar 0,144 cukup mendekati angka 1
yang artinya nilai tersebut membuktikan adanya korelasi yang sangat kuat antara
konseling kelompok dengan pendekatan bibliokonseling untuk meningkatkan
kreativitas belajar siswa
Tidak tersedia versi lain