Text
Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik SimulationGamesUntukMengurangiKesulitanBelajarSiswadiSMPNegeri1Galis Pamekasa
KataKunci:BimbinnganKelompok,SimulationGames,KesulitanBelajar
Penelitianinidilatorbelakangidaripermasalahanbelajaryangseringdialami
siswa.Banyaknyasiswamengalamikesulitanbelajarnamuntidaksecaraterus
terangdapatmengungkapkanpermasalahannya,sehinggadisinipenelitibertujuan
untuk membantu mengungkapkan permasalahan siswa melalui bimbingan
kelompok.Dimanapenelitimenggunakantekniksimulationgamesgunamembantu
siswauntukmengurangikesulitanbelajar.Adapunrumusanmasalahyangmenjadi
kajian dalam penelitian ini,yaitu apakah bimbingan kelompok efektifuntuk
membantumengurangikesulitanbelajarsiswadiSMPNegeri1GalisPamekasan.
Penelitian inimenggunakan rancangan Eksperimen one group pretestPostest.Denganmetodepengumpulandatayangdigunakanyaitumenggunakan
skalakesulitanbelajar.Sedangkan,teknikanalisisdatayangdigunakandalam
penelitianiniialahUjiWilcoxon.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasanyapenelitiandaripenjelasandiatas
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Games Untuk Mengurangi
KesulitanBelajarSiswaDiSMPNegeri1GalisPamekasandikatakanefektifuntuk
membantukesulitanbelajar.DapatdibuktikanberdasarkanhasilujiWilcoxonjika
nilaisig (2-tailed)sebesar0,024
Tidak tersedia versi lain