Text
Dampak Kematangan Psikologis Anak Sekolah Dasar Terhadap Kesiapan Belajar Di SDN Lemper 1 Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Kematangtan Psikologis, Kesiapan Belajar, Dampak Kematangan
Psikologsi.
Setiap siswa pasti akan mengeyam yang namanya pendidikan, hal penting dalam belajar yaitu
kesiapan belajar. Sedangkan kesiapan belajar ini tidak lepas dengan kematangan psikologis
setiap siswa yang akan mendukung dalam proses belajarnya nanti. kematangan psikologis
adalah hasil proses pertumbuhan dan perkembangan yang terlaksana dengan baik sehingga
mencapai tingkat kepribadian yang lebih baikm lagi dari hari ke hari, dapat menentukan
keputusan lebih baik lagi, dan bertingkah laku sewajarnya.
Berdasarkan hal tersebut ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam
penelitian ini, yaitu pertama, gambaran kematangan psikologis siswa di SDN Lemper 1
Pamekasan. Kedua, gambaran kesiapan belajar siswa SDN Lemper 1 Pamekasan. Dan yang
ketiga, dampak kematangan psikologis terhadap kesiapan belajar siswa di SDN Lemper 1
Pamekasan.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis, karena
peneliti ingin mengetahui data secara impiris. Dengan penelitian ini, tentu dapat memudahkan
peneliti dan lebih dekat dengan subyek yang sedang diteliti oleh peneliti dan lebih peka
terhadap pengaruh berbagi fenomena. Sumber data yang digunakan oleh peneliti berupa
wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi dan dokumentasi,
dengan informan siswa, guru dan kepala sekolah. Sedangkan untuk mpengecekan keabsahan
data melalui sumber dan triangulasi.
Hasil penelitian ini yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, Gambaran
kematangan psikologis siswa yaitu sebagian besar siswa psikologisnya sudah matang entah
dari aspek kematangan fisik, kematangan, Bahasa, kematangan moral dan kematangan berfikir.
Kedua, Gambaran kesiapan belajar a) siswa menyiapkan sendiri peralatan sekolahnya
meskipun ada dua anak yang tidak menyiapkan sendiri, b) sudah dapat duduk dibangku dengan
lama, c) siswa sudah dapat menyimak terhadap penjelasan guru meskipun ada beberapa yang
belum, d)siswa menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, e) sudah memiliki keinginan belajar
yang tinggi, f) siswa sudah bisa baca, g) ada siswa yang memang benar-benar fokus waktu
belajar dan ada juga yang masih belum fokus, h) sudah mampu menjelaskan secara terurai
suatu objek, i) sebagian besar siswa memiliki energy melimpah. Yang ketiga, Dampak
kematangan psikologis terhadap kesiapan belajar yaitu a) ketika proses belajar siswa yang
matang akan mudah mengerti terhadap penjelasan materi yang disampaikan oleh gurunya, b)
lebih fokus pada waktu belajar dan tidak mudah lupa terhadap meteri yang pernah dipelajari.
Hal ini akan berdampak kepada proses belajarnya karena siswa yang matang dalam proses
belajarnya akan cenderung lebih mudah ketimbang siswa yang tidak matang
Tidak tersedia versi lain