Text
Implementasi Pemetaan Gaya Belajar Terhadap Kesuksesan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu
Kata Kunci: Gaya Belajar, Kesuksesan Belajar, Pelajaran Pendidikan Agama
Islam
Gaya belajar merupakan kecendrungan siswa untuk mengadaptasi strategi
tertentu dalam belajarnya sebagai bentuk tanggung jawab untuk mendapatkan satu
pendekatan belajar yang sesuai dengan belajar di kelas/sekolah maupun tuntunan
dari mata pelajaran yang berpengaruh terhadap kesusksesan atau hasil belajar.
Dalam setiap sekolah, individu atau peserta didik memiliki gaya belajar yang
berbeda salah satunya di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu yang setiap
siswanya mempunyai gaya belajar yang berbeda sesuai dengan kemampuan dan
karakteristik dari masing-masing siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yaitu: Pertama,
bagaimana implementasi pemetaan gaya belajar terhadap kesuksesan belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu.
Kadua, gaya belajar apa saja yang dipakaidalam proses pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu. Ketiga, Faktor apa saja
yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pemetaan gaya belajar di SMK
Al-Husen Tanjung Pademawu serta bagaimana cara mengatasi faktor tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi
pemetaan gaya belajar terhadap kesuksesan mata pelajaran pendidikan agama
islam Di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu, sudah berjalan cukup baik dan bisa
dikatakan sukses selama pemetaan gaya belajar diterapkan, dalam penerapannya
bisa dikatakan sudah berjalan 70-75% selama tahun ajaran 2021-2022. Kedua,
Gaya belajar yang dipakai dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam Di
SMK Al-Husen Tanjung Pademawu dengan cara mengambil gaya belajar yang
paling dominan yaitu gaya belajar kinestetik. Ketiga, Faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan gaya belajar kinestetik serta cara mengatasinya Di
SMK Al-Husen Tanjung Pademawu. Ada berbagai faktor yang menjadi
pendukung yaitu; sarana dan prasarana semangat guru dalam menjalankan
tugasnya, kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran. faktor
penghambatnya yaitu; kemalasan siswa, keadaan kelas yang terkadang kurang
terkendali. Adapun beberapa usaha yang dilakukan yaitu; lebih mendekatkan diri
terhadap siswa, menjaga komunikasi antara guru dan wali siswa dengan baik,
memberikan pemahaman kepada siswa pentingnya belajar baik di sekolah swasta
atau negeri dan melakukan kerja sama dengan mitra sekolah atau semua pihak.
Tidak tersedia versi lain