Text
Penelitian Tindakan Kelas, 2022,Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V SDN Tagangser Daya 1 Pasean
Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak, Cerita,Model Quantum Teaching.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa terhadap materi
menyimak cerita. Hal itu terjadi karena proses pembelajaran yang cenderung pasif serta
penggunaan media pembelajaran yang tidak dapat menarik perhatian siswa dalam
pembelajaran menyebabkan siswa tidak mendapatkan kemampuan menyimak secara optimal.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan bagaimana cara meningkatkan
proses pembelajaran menyimak cerita kelas V SD Negeri Tagangser Daya 1 Pasean, dan (2)
untuk menjelaskan kemampuan menyimak cerita menggunakan metode quantum teaching
pada kelas V SD Negeri Tagangser Daya 1 Pasean.
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model
spiral Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap
tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Negeri Tagangser Daya 1 Pasean tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 33 yang
terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui teknik observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi. KKM untuk mata pelajaran Tematik di kelas V SD Negeri Tagangser Daya 1
Pasean adalah 70.
Penerapan model quantum teaching pada penelitian ini yaitu:1) Guru mempersiapkan
media yang diperlukan,2) Guru menjelaskan rencana pembelajaran,3) Guru menjelaskan
materi menyimak cerita secara perlahan dan jelas,4) Guru mengajak siswa untuk membentuk
kelompok, 5) Guru mengajak siswa menyimak cerita bersama-sama dengan menggunakan
audio visual, 6) Guru memberikan siswa lembar tes, 7) Guru menyuruh siswa untuk
menjelaskan kedepan hasil simakannya, 8) Guru memberikan hasil kesimpulan, 9) Guru
mengajak siswa mengisi angket, 9)Evaluasi dan Penutup. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa Penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan
menyimak cerita siswa dalam materi menyimak ceritapada kelas V SD Negeri Tagangser Daya
1 Pasean. Hal ini dapat dibuktikan dari data ketuntasan aktivitas siswa, data ketuntasan hasil
belajar siswa, persentase ketuntasan aktivitas siswa, dan persentase ketuntasan hasil belajar
siswa pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Hasil penelitian siklus I ternyata kemampuan
menyimak cerita siswa kelas V SDN Tagangser Daya 1 Pasean ternyata naik lagi menjadi 428
rata-rata 12,9. Pada pelaksanaan siklus II hasil penelitian meningkatkan minat belajar peserta
didik adalah dalam kategori baik dengan nilai 519 dengan rata-rata 15,72, dengan persentase
ketuntasan sebesar 80%. Sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan berhasil karena telah
memenuhi indikator keberhasilan penelitian.
Tidak tersedia versi lain