Text
Kolaborasi Guru BK dan Guru PAI Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Siswa Pasca Belajar Daring Di Era Pandemi Covid-19 DI MA Al-Falah Tlanakan
Kata Kunci : kolaborasi guru BK dan guru PAI dalam pengembangan karakter
disiplin siswa pasca belajar daring di era pandemi covid-19
Disiplin adalah salah satu akhlak terpuji dan disiplin siswa suatu bentuk
perilaku yang patuh dan taat terhadap peraturan yang berlaku. Yang terjadi
dilingkungan sekolah. Bahwasannya siswa kurang disiplin masuk kelas, masuk
jam pelajaran.
Pendidikan suatu usaha sadar kegiatan dalam penyampaikan materi
kepada peserta didik dan penyampaikan ajaran agama dan dakwah, ajaran, dan
memberikan contoh yang baik motivasi, pengetahuan, keterampilan, kebiasaan
baik dalam kehidupan dirinya, jiwa yang sadar yang berakhlaqul karimah dan
menebarkan kedamaian yang baik kepda peserta didik.
Kolaborasi guru BK dan PAI di MA Alfalah Tlanakan pada saat mata
pelajaran memberikan penjelasan dan arahan-arahan, sikap spritual itu
sebenarnya seperti apa dan sikap akhlak mulia seperti apa. Jadi disaat pelajaran
PAI ada guru BK juga mendampingi ikut memberikan penjelasan jadi bukan
guru PAI juga saja yang masuk ke dalam kelas untuk memberikan pelajaran
tapi guru BK sama-sama membantu mengembalikan sikap karakter siswa
dimana sebelum covid ini bisa dibilang cukup baik tapi setelah pandemi covid
bisa dibilang menurun. Maka dari itu perlunya guru BK berkolaborasi dengan
guru PAI ini untuk mengembalikan karakter siswa tersebut.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah guru BK guru PAI, guru SKI, guru
AQIDAH AKHLAK dan siswa-siswi MA Al-Falah Tlanakan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data,ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil peneliti menunjukkan bahwa: Pertama kolaboasi guru BK dalam
pengembangan karakter disiplin siswa pasca belajar daring untuk memberikan
pemahaman yang baik. Selain itu guru pai juga berkerjasama untuk
meningkatkan pengetahuan karakter disiplin siswa siswa. Dan guru BK juga
bisa membimbingan siswa-siswinya dengan baik. Kedua: dengan faktor
pendukung dan faktor penghambat karakter siswa di antaranya kepentingan
yang sama, saling pengertian dan tujuan yang sama dan bisa belajar di luar.
Tidak tersedia versi lain