Text
Hubungan Antara Aktivitas Ekstrakurikuler Dengan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Miftahul Ulum Bluto Sumenep
Kata Kunci: Aktivitas Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar, Siswa
Aktivitas ekstrakurikuler yaitu suatu aktivitas yang dilakukan oleh siswa atau peserta
didik di luar kelas atau di luar jam pelajaran, dimana untuk mengembangkan potensi dan
minat bakat yang dimiliki oleh siswa atau peserta didik, dan juga mendapat suuatu
pengalaman dan juga ilmu pengetahuan. Sementara itu, Prestasi belajar adalah hasil suatu
pekerjaan atau belajar yang menunjukan ukuran kecakapan yang dicapai dalam bentuk nilai.
Siswa adalah peserta didik yang diserahkan atau di masukan oleh orang tuanya untuk
mengikuti kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dengan tujuan anakanaknya menjadi manusia berilmu pengetahuan, memiliki keterampilan, berkepribadian baik,
berakhlak baik dan mandiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “Apakah
ada hubungan antara aktivitas ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul
Ulum Bluto Sumenep”, dan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas
ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Bluto Sumenep.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas ekstrakurikuler dengan
prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Bluto Sumenep.
Metode dalam penelitian ini menggunakan mentode pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini menggunakan siswa di MTs Miftahul
Ulum Bluto Sumenep dengan mengambil sampel siswa MTs Miftahul Ulum yang berjumlah
90 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala aktivitas ekstrakurikuler dan skala
prestasi belajar dengan metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peniliti, dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan positif yang signifikan dan memiliki hubungan korelasi yang kuat antara (variabel
x) aktivitas ekstrakurikuler dan (variabel y) prestasi belajar (r = 0,697: p = 0,000 < 0,05) yang
artinya semakin tinggi nilai variabel maka, semakin tinggi nilai variabel lainnya. Hal tersebut
menunjukan bahwa semakin tinggi aktivitas ekstrakurikuler maka semakin tinggi pula
prestasi belajar, begitupun sebaliknya apabila semakin rendah aktivitas ekstrakurikuler maka
semakin rendah pula prestasi belajar
Tidak tersedia versi lain