Text
Nilai-nilai Keagamaan Yang Terkandung Pada Pencak Silat Madurate Di Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Nilai-nilai, Keagamaan, Pencak Silat.
Nilai-nilai keagamaan yang terkandung dalam ajaran pencak silat
Madurate di Desa Sumedangan Kabupaten Pamekasan adalah suatu nilai – nilai agama
yang terkandung dalam ajaran pencak silat dengan mempertahankan nilai – nilai agama
yang sudah ada pada pencak silat serta memanfaatkan ajaran pencak silat sebagai
pertahanan diri/membela diri. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan keimanan dan
ketakwaan kepada Allah SWT agar siswa pencak silat bisa berubah kearah yang positif.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Nilai-nilai keagamaan apa saja yang ada pada
pencak silat Madurate Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten
Pamekasan, kedua, Bagaimana proses penerapan nilai-nilai keagamaan pada pencak
silat Madurate Desa Sumedangan Kecamatan Padeamawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan
melakukan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Informasinya adalah Ketua
Pencak silat, Pelatih Pencak Silat, Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, nilai-nilai keagamaan seperti,
Doa bersama antara siswa dan pelatih setiap sebelum latiahan dimulai, Ke SH-an
(Siraman rohani) saat istirahat, untuk memberikan pengarahan, pengetahuan kepada
siswa dan penyejuk hati, Doa penutup setiap latihan selesai oleh siswa dan pelatih,
Siswa dan pelatih saling berjabat tangan sebelum siswa dibubarkan dengan tujuan
saling bermaaf-maafan selama pelatihan berlangsung. Kedua, penerapan atau
penanaman nilai keagamaan yang ada di pencak silat Madurate ini yaitu (1) Nilai
Keimanan dimana menciptakan siswa agar lebih dekat lagi dengan Allah SWT, (2)
Nilai Akhlak yaitu menjadikan siswa memiliki perilaku baik dan memiliki tabiat yang
baik, (3) Nilai Ibadah yakni membentuk sikap pengabdian dan kepatuhan anggotanya
agar lebih tunduk kepada Allah dan untuk mecapai ridha Allah yang dipandang sebagai
nilai ibadah
Tidak tersedia versi lain