Text
, Efektivitas Strategi Emotion Focused Coping Dalam Meningkatkan Pengelolaan Stres Siswa di MAN 2 Pamekasan,
Kata Kunci: Pengelolaan Stres, Strategi Emotion Focused Coping
Stres adalah suatu bentuk gangguan emosi yang disebabkan adanya
tekanan yang tidak dapat diatasi oleh individu. Stres terjadi jika seseorang
dihadapkan dengan peristiwa yang mereka rasakan ancaman bagi kesehatan fisik
atau psikologisnya. Peristiwa-peristiwa tersebut disebut stresor, dan reaksi orang
terhadap peristiwa tersebut dinamakan respon stres. Stres yang belanjut dapat
menimbulkan gangguan emosi yang menyakitkan seperti kecemasan dan depresi.
Stres tidak hanya terjadi pada manusia dewasa tetapi juga terjadi pada generasi
muda yaitu remaja. Masa remaja merupakan masa transisi dan kelanjutan dari
masa kanak-kanak dalam menuju tingkat kematangan sebagai persiapan untuk
mencapai kedewasaan. Perubahan-perubahan yang terjadi pada masa ini demikian
besarnya sehingga menimbulkan “kejutan” bagi si remaja itu sendiri dan bagi
lingkungannya. Menilik akibat yang sangat besar pada stres, maka dibutuhkan
kemampuan untuk mengelola stres.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya
siswa yang memiliki pengelolaan stres rendah yang mempengaruhi kegiatan
sehari-harinya. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian
ini, yaitu: pertama, Adakah efektivitas strategi Emotion Focused Coping dalam
meningkatkan pengelolaan stress siswa di MAN 2 Pamekasan; kedua, adakah
perbedaan skor pengelolaan stress siswa sebelum diberikan strategi Emotion
Focused Coping dan sesudah diberikan strategi Emotion Focused Coping
Penelitian ini juga merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian
design pre experimental.
Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one group pre-test post-test
design, yaitu pengukuran di awal dan diakhir. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa angket pengelolaan stres yang diberikan kepada sampel
dengan teknik purpusive sampling (sampel bertujuan). Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X IPA 1 sesuai dari rekomendasi guru BK yang ada di
sekolah. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan
Paired Sample T Test.
Tidak tersedia versi lain