Text
Pola Pembinaan Akhlak Siswa Berbasis Nilai-Nilai Pesantren Di TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren AlAmien Prenduan Sumenep
Kata Kunci: Pembinaan Akhlak, Nilai Pesantren.
Pembinaan akhlak dalam sebuah lembaga pendidikan menjadi sesuatu
keharusan yang harus dilakukan guna untuk menciptakan peserta didik yang
mampu memiliki perilaku yang baik.Pondok pesantren merupakan salah lembaga
pendidikan utama yang tidak dapat dipungkiri eksistensi dan peranannya
dalamPembinaan akhlak. Pembinaan akhlak terhadap siswa di
TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien
Prenduan Sumenep di lakukan melalui pendekatan berbasis pesantren yang tidak
terkesan dipaksakan serta dalam melalui aturan-aturan pesantren yang harus
dijalankan oleh semua elemen yang ada termasuk pendidik dan juga peserta.
Dalam penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian sebagai berikut: 1)
Bagaimana Pembinaan Akhlak di Dalam Kelas Pada Siswa
TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien
Prenduan Sumenep, 2) Bagaimana Pembinaan Akhlak di Luar Kelas Pada Siswa
TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien
Prenduan Sumenep, 3) Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam
Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah
(TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur
observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah Kabid.
Kesantrian, Mudir Aliyah Putra, MudirTsanawiyah Putra, Fungsionaris
Organisasi Santri, ISMI (Putra) dan ISTAMA (Putri) Ketua DPP ISMI
TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI), dan Ketua DPS
ISMITarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien
Prenduan Sumenep.
Tidak tersedia versi lain