Text
Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di MAN 2 Pamekasan
Kata Kunci : Efikasi diri, Prokrastinasi Akademik
Efikasi diri merupakan keyakinan individu terhadap kapasitas ataupun
kemampuan untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang
diinginkan. Efikasi diri memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari,
individu akan mampu menggunakan potensi dirinya dengan optimal jika memiliki
efikasi diri yang tinggi. Sementara itu, Prokrastinasi akademik merupakan jenis
penundaan yang dilakukan seseorang untuk jenis tugas formal yang berhubungan
terhadap tugas akademik, misalnya tugas yang diberikan oleh guru di sekolah
ataupun tugas yang diberikan oleh guru les di tempat kursus.
Penelitian ini dilatarbelakangi efikasi diri dengan prokrastinasi akademik
siswa. Efikasi diri sangat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa.
Melalui efikasi, seorang siswa akan mempunyai sikap dewasa dalam menjalani
pembelajaran di sekolah dan dapat membantu siswa menjadi pribadi yang lebih
baik. Namun lain halnya jika siswa mengalami prokrastinasi akademik, maka akan
melalaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mengenai mata pelajaran yang
telah diperlajari. Rumusan masalah dari penelitian ini apakah ada hubungan antara
efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa dan seberapa besar hubungan
antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa di MAN 2 Pamekasan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan
prokrastinasi akademik siswa serta mengetahui seberapa besar hubungan antara
efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa di MAN 2 Pamekasan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik
analisis data korelasi product moment. Pengumpulan data yang digunakan yaitu
berupa skala efikasi diri dan prokrastinasi akademik. Subjek yang diteliti sebanyak
90 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Dalam proses
analisis data disini menggunakan bantuan aplikasi software SPSS v.25.
Hasil penelitian uji korelasi menggunakan korelasi product moment
didapatkan nilai –0,361 dan nilai signifikasi 0,000 (kurang dari 0,05). Dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi
akademik siswa yang negatif signifikan yang artinya semakin rendah efikasi diri
maka akan dibarengi semakin tinggi juga prokrastinasi akademik, begitu juga
sebaliknya semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah pula prokrastinasi
akademik
Tidak tersedia versi lain