Text
implentasi pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MTs Miftahul Qulub Banyupelle Palengaan Pamekasan
Kata kunci: Kepramukaan, Karakter, Religius
Sedikitnya karakter religius yang dimiliki oleh peserta didik menyebabkan
minimnya akhlakul karimah, sehingga dengan adanya ektrakurikuler pramuka
sedikitnya dapat membenahi kurangnya kesadaran dalam berakhlak. Berdasarkan
hal tersebut terdapat tiga fokus penelitian: Pertama, peran dan bentuk pendidikan
kepramukaan dalam menumbuhkan karakter religius siwa di MTs Miftahul Qulub
Banyupelle Palengaan Pamekasan. Kedua, implementasi pendidikan kepramukaan
dalam menumbuhkan karakter religius siswaa di MTs Miftahul Qulub Banyupelle
Palengaan Pamekasan. Ketiga, adanya faktor pendukung dan penghambat karakter
religius melalui pendidikan kepramukaan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif yang mana penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala,
peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan perkataan lain,
penelitian deskriptif ini mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada
masalah-masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian
dilaksanakansedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keabsahan data dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama peran pendidikan
kepramuka dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MTs Miftahul Qulub
Banyupelle Palengaan Pamekasan ini sangat penting bagi peserta didik dalam
mengembangkan bakat dan minatnya serta menjadi wadah dalam menumbuhkan
karkter yang terpendam dalam diri peserta didik dan mempermudah peserta didik
dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. kedua dalam penerapan pendidikan
pramuka dalam menumbuhkan karakter religius siswa dalam menumbuhkan
karakter religius siswa di MTs Miftahul Qulub Banyupelle Palengaan Pamekasan
adanya penerapan 10 poin Dasa Dharma yang didalamnya terdapat nilai-nilai
karakter religus melalui kegiatan-kegiatan yang telah di rencanakan seperti
kegiatan mingguan ,bulanan. ketiga adapun faktor pendorong dan penghambat
dalam menumbuhkan karakter religius melalui pendidikan kepramuukaan yaitu,
dukungan dari orang tua, antusia dari masyarakat sekitar kesadaran diri dari
peserta didik, dan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya dukungan dari orang
tua, fasilitas yang tidak lengkap, kurangnya pendanaan.
Tidak tersedia versi lain