Text
Penerapan Metode Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Konang 4 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Examples Non Examples, Minat Belajar
Example non example merupakan metode pembelajaran menggunakan
gambar sebagai media penyampaian materi yang bertujuan mendorong siswa
supaya berpikir kritis untuk memecahkah masalah pada gambar yang disediakan.
Pada penelitian ini ada tiga pokok penelitian, yaitu : Bagaimana Penerapan
Metode Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan
Agama Islam (PAI) Pada Siswa SDNKonang 4 Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan, Apakah Metode Examples Non Examples ini dapat meningkatkan
minat belajar PAI pada siswa SDNKonang 4 Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan, Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari
penerapan metode Examples Non Examples dalam meningkatkan minat belajar
siswa SDN Konang 4 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan yaitu dengan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi. Sedangkan pegumpulan data didapat
melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga angket. Informan penelitian
ini adalah kepala sekolah SDN Konang 4, guru PAI dan siswa SDN Konang 4.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan : 1) Penerapan metode examples non
examples di dalam kelas berjalan dengan lancar. Guru PAI dapat mengkondisikan
kelas sehingga proses belajar mengajar di kelas dapat efektif dan juga efisien. 2)
Metode examples non examples dapat meningkatkan minat belajar siswa sdn
konang 4 pada mata pelajaran PAI. Dengan kondisi siswa yang antusias dan
bertambah semangat mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Hal ini
didapat dari beberapa proses pengumpulan data seperti wawancara, observasi,
penggunaan angket, dan juga dokumentasi. 3) Faktor penghambat dari penerapan
metode examples non example yaitu terdapat pada sarana prasarana yang kurang
memadai, tidak tersedianya LCD proyektor sebagai penunjang dalam pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan metode examples non examples dan gambar
yang disediakan kurang jelas. Faktor pendukungnya yaitu dari kinerja guru dalam
mengelola kelas, menggunakan metode atau media pembelajaran, dan
mempersiapkan rencana pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain