Text
Peningkatan Karakter Siswa Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Miftahul Anwar 3 Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Peningkatan karakter, Mata pelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lembaga Mts Miftahul Anwar
3 di Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, mayoritasvsiswa disana memiliki
perilaku yang baik, baik dari sikap, kesopanan, kedisiplinan dan lai-lain sehingga Mts ini ada
peningkatan karakter, Mts Miftahul Anwar 3 ini dalam peningkatan karakter melalui Mata
Pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode pemahaman, pengulangan,
keteladanan .yang bertujuan untuk mengubah karakter/ perilaku siswa dengan baik.
Dalam penelitian ini ada tiga fokus penelitian antara lain sebagai berikut: Pertama Upaya
guru Akidah Akhlak dalam menanamkan Nilai-nilai Karakter terhadap Siswa Di Mts Miftahul
Anwar 3 Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Kedua Fakta-fakta
peningkatan karakter siswa melalui Mata pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Miftahul Anwar 3
Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Ketiga bagaimana kesulitan /tantangan
dalam peningkatan karakter Siswa Di Mts Miftahul Anwar 3 Desa Sejati, Kecamatan Camplong,
Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi non
partisipan, dokumentasi, dan yang menjadi narasumber/ informan adalah Kepala sekolah, Guru
mata pelajaran Akidah Akhlak, Siswa di Mts Miftahul Anwar 3.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Upaya guru Akidah Akhlak
dalam menanamkan karakter terhadap siswa. Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak memberikan
pembiasaan terhadap anak agar terbiasa melakukan tingkah laku yang berkarakter, dan
menambah kegiatan dengan mengaplikasikan tingkah laku dan sikap yang berkarakter dan
memberi contoh yang baik. Seperti halnya mengajak siswa dan siswi sebelum masuk
melaksanakan sholat bersama, setelah itu membaca surah yasin bersama dimana kegiatan ini
dilakukan rutinitas setiap hari, untuk mata pelajaran akidah akhlak satu minggu sekali. Kedua
Fakta-fakta peningkatan karakter siswa melalui Mata pelajaran Akidah Akhlak. Membuat
program-program seperti, guru sudah sudah berada dalam kelas 5 menit sebelum jam pertama
dimulai, Sebelum memulai pelajaran, terlebih dahulu memandu pembacaan surat yasin yang
dipimpin ketua kelas, Semua guru berpakaian rapi,bersih dan berkopiyah hitam ( untuk laki-laki)
dan berbusana muslim (untuk perempuan), guru harus memenuhi target kurikulum diakhir
semester minimum 80% dan program yang telah ditentukan, sebelum memberikan materi
semua guru harus membuat dan menyetor perangkat pembelajaran yang disampaikan,selesai
memberikan materi semua guru memberikan ulangan harian sesuai dengan materi pembelajaran.
Ketiga Kesulitan /tantangan dalam peningkatan karakter Siswa. Seperti keterbatasan waktu yang
dimiliki oleh guru dalam mendidik siswa, perbedaan didikan antara lingkungan sekolah dan
rumah yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengembangkan karkater yang baik
Tidak tersedia versi lain