Text
Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Metode Takrir, Kemampuan Menghafal, Al-Qur’an.
Islam mengajarkan kepada umat muslim guna mendalami Al-Qur’an dan
menggali setiap dalil serta Ilmu Pengetahuan yang tekandung didalamnya.
Berbagai cara yang dilakukan oleh manusia untuk mendalami Al-Qur’an yakni
salah satunya untuk belajar menghafalnya dengan metode tertentu. Salah satu
metode yang digunakan untuk meningkatkan menghafal Al-Qur’an adalah
menggunakan metode takrīr.Metode ini menggunakan cara menghafal ayat-ayat
Al-Qur’an secara berulang-ulang dengan langkah-langkah tertentu. Dengan
menggunakan metode ini siswa diharapkan untuk memaksimalkan menghafal AlQur’an pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.
Adapun fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana
Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal AlQur’an Siswa Di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan
Pamekasan? Dan yang kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan Faktor
Penghambat Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kemampuan
Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan
Tokol Tlanakan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Penelitian dilakukan di SMPI Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol
Tlanakan Pamekasan. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru
pembina tahfidzul Qur’an, dan siswa yang mengikuti tahfidzul Qur’an. Teknik
Pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi, dan juga
dokumentasi.
Tidak tersedia versi lain