Text
Penggunaan Metode yang Bervariasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Nurur Rahmah Sentol Pademawu Pamekasan
Kata kunci: Metode yang bervariasi, Minat belajar, Pembelajaran Fiqih.
Metode merupakan cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan,
dan metode berlaku bagi murid maupun guru, semakin bagus metode yang digunakan maka akan
semakin efektif dalam mencapai tujuan yang sudah terencana. Jadi, metode pembelajaran dapat
diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun
dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Penggunaan variasi
metode pada pembelajaran sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Minat peserta didik
akan bertambah jika dalam pembelajaran disertai dengan implementasi ragam metode
pembelajaran. Pembelajaran pendidikan dalam mata pelajaran fiqih ini, dikembangan dari ajaranajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam namun dalam mengembangkannya akan
dibutuhkan proses kerjasama antar pihak yang ada, guna mengembangkan potensi seperti minat,
bakat dan kemampuan untuk mencapai tujuan awal.
Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok
dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Metode yang Bervariasi Pada Pembelajaran Fiqih
Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Nurur Rahmah Sentol Pademawu
Pamekasan” dengan fokus penelitian yaitu, Bagaimana penerapan penggunaan metode yang
bervariasi pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Nurur
Rahmah Sentol Pademawu Pamekasan?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat
penggunaan metode yang bervariasi pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan minat belajar
siswa di MTs Nurur Rahmah Sentol Pademawu Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah
kepala sekolah, guru fiqih, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi.
Dengan hasil penelitian, pertama, penggunaan metode yang bervariasi pada mata
pelajaran fiqih di MTs Nurur Rahmah menerapkan tiga metode sekaligus dengan rincian metode
ceramah sebagai metode awal kemudian dilanjutkan dengan metode tanya jawab dan diakhiri
dengan metode diskusi sebagai metode penutup. Adapun dari penggunaan ketiga metode ini
banyak siswa yang aktif dan berperan didalam kelas sehingga hasil penggunaan metode ini
mampu melahirkan minat siswa dalam belajar. Kedua, Faktor pendukung meliputi fasilitas
memadai, cara mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan rasa perhatian guru kepada
siswa. Sedangkan faktor penghambatnya karena media eror dan rusak, siswa yang masih kurang
serius dalam pembelajaran dan siswa yang masih berbicara sendiri ketika guru menjelaskan.
Tidak tersedia versi lain