Text
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) di MTs Yaayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) 1 Wonoayu Sidoarjo
Kata kunci : Upaya, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Kecakapan
Penerapan Ibadah.
Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah pembinaan ajaran Islam pada
siswa agar bisa dipahami secara sempurna yang kemudian dijadikan sebagai
pedoman dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari nya. Namun didalam
pendidikan pastinya ada sebuah problem salah satunya problem peserta didik
dalam pembelajaran PAI salah satunya di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo, bahwa
siswa-siswi yang baru masuk di MTs YPM 1 Wonoayu masi minim pengetahuan
agamanya salah satunya tentang pengetahuan tata cara ibadah dari syarat sampai
rukun. Oleh karena itu lembaga MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo, mengembangkan
kurikulum berupa menambah mapel baru yaitu pembelajaran Kecakapn
Penerapan Ibadah (KPI). Pembelajarn KPI ini bertujuan agar siswa cakap
melakukan ibadah dan KPI ini menggunakan bahan ajar buku panduan KPI dan
untuk memonitoring siswanya menggunakan buku monitoring KPI. Namun dalam
peningkatan prestasi belajar perlu upaya guru untuk menghasilkan peserta didik
yang berprestasi dan bekualitas dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan
peneliti mengambil judul ini untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan
guru PAI dalam peningkatan prestasi belajar PAI melalui Kegiatan Kecakapan
Penerapan Ibadah (KPI) di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo.
Dilihat dari jenis penelitiannya, penelitian yang dilakukan adalah
penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan
menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mengumpulkan data dan mengkaji
setiap permasalahan yang menghasilkan data deskriptif. Peneliti kualitatif ini
memiliki ciri khas tersendiri, sebagai ciri penelitian yang berorientasi pada
fenomena, gejala dan fakta. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan prestasi belajar
pendidikan agama Islam melalui Kegiatan Penerapan Ketrampilan Ibadah (KPI)
di MTs Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPM) 1 Wonoayu Sidoarjo dimulai
dengan menyusun RPP, dengan menggunakan media buku pedoman KPI, media
pembelajaran (LCD, Video dan gambar) dan metode pembelajaran sesuai materi
yang dipelajari, seperti metode pembelajaran, praktik, dan hafalan.
Faktor-faktor yang mendukung upaya guru dalam meningkatkan prestasi
belajar di MTs Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPM) 1 Wonoayu Sidoarjo
Tidak tersedia versi lain