Text
Penggunaan Sumber Media Dan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 5 Pamekasan
Kata Kunci: Penggunaan Sumber Media Dan Sumber Belajar Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA
Negeri 5 Pamekasan.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kejadian dan juga penemuan yang
terjadi di SMA Negeri 5 Pamekasan, karena pada masa pandemi covid-19 guru di
SMA Negeri 5 pamekasan, salah satunya guru pendidikan Agama Islam dalam
penggunaan sumber media dan sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 5 Pamekasan.
Ada tiga fokus yang menjadikajian utama penelitian ini yaitu: pertama,
Bagaimana Proses Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengajar Bentuk Luring
Dan Bentuk Daring Di SMA Negeri 5 Pamekasan. Kedua, Bagaimana Pemanfaatan
Sumber Media Belajar Dan Sumber Belajar Di SMA Negeri 5 Pamekasan. Ketiga,
Bagaimana Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Tersedianya Media Dan
Sarana Pembelajaran Di SMA Negeri 5 Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenispenelitian
yaitu di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi, analisis datanya yang berupa redukasi data, penyajian data,
kesimpulan atau verifikasi dalam catatan transkip wawancara, catatan lapangan,
dan dokumen. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode
untuk menggabungkan data yang diperoleh. Sehingga tahapan-tahapan dalam
penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan
lapangan dan tahap penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama Proses Guru Pendidikan
Agama Islam dalam pembelajaran bentuk luring dan bentuk daring di SMA Negeri
5 Pamekasan. Dalam pembelajaran bentuk luring yaitu ada tahap persiapan, tahap
kegiatan, dan tahap tindak lanjut kegiatan. Guru dalam pembelajaran bentuk luring
lebih kepada menjelaskan materi, berceramah, memberikan tugas kepada siswa
untuk meresume materi yang disampaikan oleh guru. Sedangkan pembelajaran
bentuk daring yaitu, ada tahap pendahuluan, tahap kegiatan, dan tahap penutup.
Dalam pembelajaran bentuk daring guru lebih memberikan materi dan tugas
melalui media Classroom agar siswa membaca. Kedua Pemanfaatan Sumber Media
Belajar Dan Sumber Belajar. Sumber media yaitu, Whatsapp, Classroom, Youtube,
Vidio/Wa Call. Sedangkan sumber belajar yaitu, buku paket, internet,dan media
sosial lainnya. Ketiga Faktor pendukung Dan Faktor penghambat Tersedianya
Media Dan Sarana Pembelajaran, faktor pendukungnya yaitu buku
paket,Whatsapp, Classroom, Google, Youtube, Vidio/Wa Call. Sedangkan sarana
penghambat yaitu keluhan siswa tidak mempunyai paket internet dan masih ada
sebagaian siswa yang tidak memiliki handphone,dan siswa yang tidak memiliki
motivasi belajar yang tinggi fokus gagal, telat dalam merespon.
Tidak tersedia versi lain