Text
Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Bagi Santri Tunanetra di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah Sampang
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Ustad, Santri Tunanetra, Tahfidzul
Qur’an, Pondok Pesantren.
Strategi Pembelajaran adalah cara, teknik untuk mencapai tujuan dalam
proses pembelajaran. Dimana pembelajaran sendiri merupakan pengiriman dan
penerimaan ilmu oleh pendidik dan peserta didik dengan melalui media
pembelajaran. Pendidik merupakan seorang yang berperan penting dalam
kehidupan manusia khususnya dalam aspek Pendidikan, terutama di Pondok
Pesantren. Pondok pesantren hadir sebagai wadah yang menyebarkan ilmu agama
islam, terutama di bidang hafalan al-Qur’an. Berdasarkan pemaparan di atas, maka
fokus penelitian ini adalah pertama, strategi pembelajan tahfidzul Qur’an bagi
santri tunanetra di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah Sampang.
Kedua, bagaimana hambatan dan keberhasilan strategi pembelajaran ustad dalam
membimbing hafalan al-Qur’an santri tunanetra di Pondok Pesantren Bustanul
Huffadz Assa’idiyah Sampang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Data dalam
penelitian ini di peroleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi
penelitian di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa’idiyah Sampang. Analisis
data penelitan ini, yaitu studi literer berupa buku-buku profil Pondok Pesantren.
Studi empirisnya berupa informasi dari ustad, santri biasa dan santri tunanetra.
Untuk nara sumbernya, ustad, santri tunanetra dan santri biasa. Penelitian ini
dimulai tanggal 12 Februari 2022-15 Mei 2022.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, strategi pembelajaran
tahfidzul Qur’an menggunakan strategi pembelajaran pengulangan ganda dengan
menggunakan metode sima’i. Kedua, hambatan dan keberhasilanya, yaitu: (1)
Hambatannya yaitu ustad kesulitan dalam aspek menjelaskan ayat per ayatnya,
bacaan al-Qur’annya dikarenakan santri tunanetra tidak dapat melihat denga jelas
tentang huruf-huruf di dalam al-Qur’an. (2) Keberhasilannya yaitu, ustad mampu
menjelaskan ayat per ayatnya dengan mudah, melafakan bacaan al-Qur’an sesuai
dengan tajwid dan makharijul hurufnya dengan baik dan benar.
Tidak tersedia versi lain