Text
Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Par Share (TPS) dalam Pembalajaran PAI di SMA Sayyid Yusuf Talango
Kata Kunci: Penerapan, Metode pembelajaran, Faktor pendukung dan penghambat.
Penerapan metode pembelajaran di sekolah itu cukup mempengaruhi
efektifitas belajar siswa di kelas. SMA Sayyid Yusuf Talango merupakan sekolah
swasta favorit di Talango, melaksankan penerapan metode kooperatif tipe TPS yang
dapat menarik keatifan siswa dan meningkatkan daya nalar dan sintesis siswa tehadap
materi pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penerapan metode
kooperatif tipe TPS dalam pembalajaran PAI di SMA Sayyid Yusuf Talango
Sumenep, dengan sub fokus mencakup: (1). Langkah-langkah metode TPS, (2) faktor
pendukung, (3) faktor penghambat dari penerapan metode TPS dalam pembelajaran
PAI SMA Sayyid Yusuf Talango.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan
data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi non partisipan dan
dokumentasi. Teknik analsis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan
kekutsertaan, ketekunan pengamatan dan teknik triagulasi. Informan dalam penelitian
ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.
Hasil penelitian menjukan bahwa: 1) langkah-langkah dari penerapan metode
kooperatif TPS adalah menjelaskan aturan belajar dan apersepsi pada siswa untuk
menggali pengetahuan siswa, lalu guru memberikan contoh permasalahan beserta
penyelesaiannya dan siswa dibagikan permasalahan atau materi yang dipikirkan
secara individu, kemudian siswa dibentuk kelompok-kelompok yang beranggota dua
orang yang kemudian saling bertukar pikiran dan berdiskusi berkenaan dengan matei
yang sudah diberikan, kemudian siswa presentasi atas matei yang telah didiskuisikan.
2) faktor pendukung dari penerapan metode kooperatif TPS adalah guru mampu
menguasia dan menggunakan metode belajar dengan baik, lalu siswa tedorong untuk
ikut bepartisipasi karena ingin memporoleh reward dari guru. 3) faktor penghambat
dari penerapan metode koopetif tipe TPS yaitu siswa yang lebih pintar mendominasi
kegiatan pembelajaran, tingkat kemampuan yang berbeda membuat beberapa siswa
kurang paham dari penjelasan guru, siswa yang banyak bercanda dan bergurau
Tidak tersedia versi lain