Text
Penerapan Metode cerita Pada Anak Usia Dini Yang Mengalami Keterlambatan Dalam Berbiacra (Speech Delay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Metode Cerita, Keterlambatan Berbicara (Speech Delay), Anak Usia Dini
Peneliti mengambil pembahasan tentang menerapkan metode cerita pada anak yang
(speech delay) yang menurut peneliti layak dibahas dan dipermasalahkan. Menerapkan metode
cerita pada anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara sangat penting dilakukan agar
anak dapat berbicara dengan baik dan benar. Memiliki percaya diri, dan tidak malu. Usia anak
yang seharusnya bisa mengenal dunia bermain dan dunia berinteraksi dengan teman-temannya
serta mengenal beragam hal termasuk belajar berbicara dan segala hal yang berkaitan dengan
produksi bahasa dan kata-kata. Tetapi dalam penerapan metode cerita pada anak yang mengalami
keterlambatan dalam berbicara pastikan ada faktor penghambatnya.
Fokus penelitian ini ada dua, yaitu: Pertama Bagaimana cara menerapkan metode cerita
pada anak usia dini yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speech delay) di TK AlHidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kedua faktor apa yang
menghambat dan bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara
(speech delay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini mengidentifikasi mengenai masalah penerapan metode cerita dan faktor penghambat
serta cara mengatasi anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speech delay) di TK
Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dimana sumber yang diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapaun yang menjadi informan adalah kepala sekolah
dan guru kelas, untuk pengecekan keabsahan data melalui pengematan terus-menerus,
memperpanjang masa observasi dan triangulasi.
Dari hasil penelitian didapat bahwa: Pertama penerapan metode cerita pada anak usia
dini yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speech delay) di TK Al-Hidayah Desa
Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Hal ini anak diharap untuk diberikan
perhatian lebih dari orang tua khususnya melalui kegiatan membaca buku cerita. Kedua faktor
penghambat serta cara mengatasi anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speech
delay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan ada
beberapa faktor yang menjadi penghambat anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara
yaitu anak jadi pendiam tidak percaya diri, anak merasa kata-kata yang digunakan adalah rumit.
Cara mengatasinya anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara dengan sering mengajak
ngobrol, sering ikut serta dalam percakapan, membacakan cerita serta menanggapi perkataannya
dan perbaiki jika ada ucapan yang kurang benar
Tidak tersedia versi lain