Text
Penggunaan Metode At-Tanzil Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Ra Nurul Ihsan Di Desa Dempo Timur Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Penggunaan Metode At-Tanzil Dalam Mengembangkan Membaca
Al-Qur’an
Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk
memperdalam tentang penggunaan metode At-Tanzil dalam
mengembangkan membaca Al-Qur’an, berbicara tentang
mengembangkan, anak usia tiga sampai enam tahun adalah usia yang
tepat dalam melakukan sebuah pembelajaran Al-Qur’an lebih tepatnya
dilakukan pada masa-masa pertumbuhan anak, pada usia tersebut anak
cepat dan tangkap dalam mengingat hal-hal yang dipelajari, sehingga
metode At-Tanzil ini dirasa sudah tepat dalam mengembangkan
membaca AlQur’an.
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang akan dikaji dalam
penelitian ini adalah:1) Bagaimana strategi guru dalam menggunakan
metode At-Tanzil dalam mengembangkan kemampuan membaca AlQur’an. 2) Bagaimana perkembangan kemampuan membaca AlQur’an melalui metode at-tanzil. Tujuan dari penelitian ini adalah:
1)Untuk mengetahui strategi guru dalam menggunakan metode AtTanzil dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
2)Untuk mengetahui perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an
melalui metode at-tanzil.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan
metode At-Tanzil ini guru memiliki strategi-strategi khusus dalam
mengembangkan membaca Al-Qur’an yang berada disekolah tersebut,
mulai dari guru memberikan penjelasan terlebih dahulu,
mencontohkan kepada anak secara berulang-ulang dan mendetail agar
anak tetap ingat dan paham dalam membedakan huruf-huruf yang ada
di Al-Qur’an strategi tersebut sudah dipersiapkan dengan matangmatang oleh guru agar kesuksesan dalam kegiatan belajar tersebut
dapat berhasil sehingga penggunaan metode At-Tanzil dalam
mengembangkan membaca Al-Qur’an merupakan metode yang sudah
layak untuk digunakan. Adapun untuk mengetahui perkembangan
membaca setelah dilaksanakan pembelajaran disitu dilihat dari sebuah
tes yang dilakukan oleh guru setelah selesai dan hasilnya pun terlihat
jelas dengan kebisaannya anak membaca dan mengingat pelajaran
yang telah dilakukanKata Kunci: Penggunaan Metode At-Tanzil Dalam Mengembangkan Membaca
Al-Qur’an
Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk
memperdalam tentang penggunaan metode At-Tanzil dalam
mengembangkan membaca Al-Qur’an, berbicara tentang
mengembangkan, anak usia tiga sampai enam tahun adalah usia yang
tepat dalam melakukan sebuah pembelajaran Al-Qur’an lebih tepatnya
dilakukan pada masa-masa pertumbuhan anak, pada usia tersebut anak
cepat dan tangkap dalam mengingat hal-hal yang dipelajari, sehingga
metode At-Tanzil ini dirasa sudah tepat dalam mengembangkan
membaca AlQur’an.
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang akan dikaji dalam
penelitian ini adalah:1) Bagaimana strategi guru dalam menggunakan
metode At-Tanzil dalam mengembangkan kemampuan membaca AlQur’an. 2) Bagaimana perkembangan kemampuan membaca AlQur’an melalui metode at-tanzil. Tujuan dari penelitian ini adalah:
1)Untuk mengetahui strategi guru dalam menggunakan metode AtTanzil dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
2)Untuk mengetahui perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an
melalui metode at-tanzil.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan
metode At-Tanzil ini guru memiliki strategi-strategi khusus dalam
mengembangkan membaca Al-Qur’an yang berada disekolah tersebut,
mulai dari guru memberikan penjelasan terlebih dahulu,
mencontohkan kepada anak secara berulang-ulang dan mendetail agar
anak tetap ingat dan paham dalam membedakan huruf-huruf yang ada
di Al-Qur’an strategi tersebut sudah dipersiapkan dengan matangmatang oleh guru agar kesuksesan dalam kegiatan belajar tersebut
dapat berhasil sehingga penggunaan metode At-Tanzil dalam
mengembangkan membaca Al-Qur’an merupakan metode yang sudah
layak untuk digunakan. Adapun untuk mengetahui perkembangan
membaca setelah dilaksanakan pembelajaran disitu dilihat dari sebuah
tes yang dilakukan oleh guru setelah selesai dan hasilnya pun terlihat
jelas dengan kebisaannya anak membaca dan mengingat pelajaran
yang telah dilakukan
Tidak tersedia versi lain