Text
Penerapan Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Nilai Moral pada Anak Usia Dini di TK Kartika IV-86 Kelurahan Barurambata Kota Pamekasan
Kata Kunci: Perkembangan Nilai Moral, Metode Pembiasaan
Penanaman nilai moral harus diamalkan kepada peserta didik sejak usia dini
dengan menggunakan metode pembiasaan untuk mengembangkan nilai-nilai yang
positif. Penanaman nilai moral agar dapat diterapkan oleh peserta didik
memerlukan dukungan oleh pihak-pihak terkait seperti orang tua, lembaga
pendidikan, maupun pihak-pihak lain.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan metode pembiasaan
dalam mengembangkan nilai moral pada anak usia dini di TK Kartika IV-86
Kelurahan Barurambat Kota Pamekasan? Kedua, bagaimana hasil perkembangan
nilai moral anak usia dini menggunakan metode pembiasaan di TK Kartika IV-86
Kelurahan Barurambat Kota Pamekasan?
Penelitian ini termasuk dalam penelitian fenomenologi dengan
menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini fokus pada subjek peserta didik
kelompok A. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi dengan menggali melalui sumber data premier dan sumber data
sekunder. Kemudian setelah data-data yang dibutuhkan terkumpul, maka langkah
selanjutnya adalah menganalisis data tersebut melalui 3 tahapan, yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan nilai
moral pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Kelurahan Barurambat Kota
Pamekasan diperlukan cara dalam menyampaikan moral dengan menerapkan
metode pembiasaan terhadap anak yakni menyiapkan lingkungan yang kondusif,
bersikap edukatif dan mampu menstimulasi berbagai pengembangan, meberikan
dukungan secara kolaboratif dan bimbingan dalam kegiatan belajarnya di sekolah
tersebut yang dilaksanakan oleh tenaga pendidik, memberikan kegiatan bermain
yang bernuansa penanaman moral yang sesuai dengan perkembangan dan
kemampuan anak untuk melakukannya, melakukan penilaian proses terhadap
perkembangan moral anak untuk memantau tingkat keberhasilan dan perubahan
sikap serta perilaku yang muncul, memberikan kegiatan yang mampu
menstimulus kerja sama, toleransi, dan saling setia kawan, melakukan kegiatan
pembiasaan, khusunya dalam menanamkan pendidikan moral bagi anak yang
disesuaikan dengan tingkat perkembangan, dan membawa anak ke dalam situasi
yang nyata untuk mengenalkan pendidikan moral.
Dengan demikian, penerapan metode pembiasaan dalam
mengembangkan nilai moral pada anak usia dini menunjukkan mengalami
perkembangan yang baik sesuai dengan tingkat pencapaian perkemabangan anak
dengan indikator pencapaian sebagai berikut, membiasakan bersalaman dengan
menggunakan kedua tangan, mengucap salam, bertutur kata yang baik, menjaga
kebersihan, serta perilaku-perilaku yang baik lainnya
Tidak tersedia versi lain