Text
Implementasi Metode At-Tibyan Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Lembaga Taud Saqu Al-Haqqu Di Desa Kalianget Barat Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep
Kata Kunci : At-Tibyan, Tahfidz Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Taud Saqu Al-Haqqu merupakan salah satu lembaga pendidikan yang di
dirikan oleh sepasang suami istri dengan melihat suatu kondisi anak-anak di daerah
ini yang sedikit dari mereka mengenal dan ingin belajar al-qur’an. Dengan melihat
kondisi di daerah yang sudah mulai sedikit anak-anak belajar al-Qur’an hati dari
keduanya tergerak dengan seorang istri adalah hafidzah 30 juz untuk mengenalkan
kepada anak-anak yang berada di usia dini al-qur’an cara membaca dan menghafal
mudah, menyenangkan dengan menggunakan salah satu metode yang bernama attibyan yang memberikan pemahaman dalam membaca dan menghafal al-qur’an
dengan karakter yang terdapat di dalamnya ialah tahajjiy (mengeja) dan talaqqi
(mengulang).
Berdasarkan diatas ada beberapa permasalahan-permasalahan dalam
penelitian ini ialah 1. bagaimana proses pembelajaran tahfidz al-qur‟an dengan
menggunakan metode at-tibyan di lembaga taud saqu al-haqqu 2. apa saja kendala
dalam proses pembelajaran tahfidz al-qur’an dengan menggunakan metode at-tibyan
di lembaga taud saqu al-haqqu 3. bagaimana cara yang dilakukan guru dalam
menghadapi kendala pada proses pembelajaran tahfidz al-qur’an dengan
menggunakan metode at-tibyan di lembaga taud saqu al-haqqu.
Di dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan
jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari wawancara, observasi
dan dokumentasi dan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa dan
siswi dan guru kelas di lembaga taud saqu al-haqqu. Mengecek suatu keabsahan dari
suatu data dilakukan melalui memperpanjang kehadiran, memperdalam kegiatan
observasi, triangulasi dan memperoleh data dengan rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : di pembelajaran tahfidz al-qur’an
dengan menggunakan metode at-tibyan melakukan mengeja huruf hijaiyah dan
mengulang-ngulang bacaan. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidz alqur’an dengan menggunakan metode at-tibyan 1. ustad, ustadzah adalah mereka
masih anak kecil yang tidak tahu apa-apa 2. siswa, siswi adalah tidak terjadi suatu
kendala dikarenakan ustad, ustadzah baik sekali dalam menjelaskan pembelajaran
tahfidz al-qur’an dengan metode at-tibyan. Cara mengatasi kendala dalam
pembelajaran tahfidz al-qur’an dengan menggunakan at-tibyan dengan mengalihkan
dalam nyanyian maka anak usia dini sudah langsung mengikuti dan cepat serta
mereka merasa senang dan tidak bosan.
Tidak tersedia versi lain