Text
Metode Mendongeng Terhadap Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sebuah Studi Kasus Terhadap (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan
Kata Kunci: Mendongeng, ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan peneliti dalam mengungkapkan yang
dilakukan oleh pihak TKIT Al-Uswah Pamekasan dalam Metode Mendongeng Terhadap
Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sebuah Studi Kasus Terhadap
(Gilang) dengan demikian penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana Metode
Mendongeng Terhadap Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Kusus (ABK) Sebuah Studi
Kasus Terhadap (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian
ini, yaitu: Upaya guru dalam menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan
kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan? Apa saja kendala yang di alami guru
dalam menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di
TKIT Al-Uswah Pamekasan? serta bagaimana solusi guru dalam menghadapi kendala
menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT
Al-Uswah Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatannya yang digunakan pada
penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif studi kasus. Data yang diperoleh dari penelitian ini,
yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh
melalui Guru Kelas TK A1 Al-Uswah serta orang tua (Gilang). Adapun teknik analisis datanya
menggunakan mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit,
melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan
dipelajari. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber
untuk menvalidkan hasil penelitian untuk menggali data agar data yang dihasilkan memiliki
data yang valid menggali kebenaran informasi tertentu melalui berbagai metode dan sumber
perolehan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Upaya guru dalam menerapkan metode
mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan
adalah dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu: mulai dari anak memilih buku dongeng
sendiri sesuai dengan yang terlihat menarik dari apa yang anak lihat dari segi gambar cover
kemudian dia mulai tertarik dengan halaman gambar berikutnya lalu penasaran dan
membacanya. Selain itu juga didukung dengan adanya media saat pembelajaran, seperti
banyaknya pemilihan buku dongeng sehinnga anak tidak merasa bosan, serta pemilihan buku
dongeng yang memiliki gambar yang menarik dengan tujuan akan lebih menarik perhatian
anak dalam memperhatikan guru dalam melakukan mendongeng. menerapkan meteode
mendongeng terhadap anak berkebutuhan khusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah. Kedua
dengan ketiga, Kendala serta Solusi guru dalam menerapkan metode mendongeng terhadap
anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan adalah: pertama anak
yang memiliki konsentrasi yang sedikit hanya bisa memperhatikan 5 menit saja, factor
lingkungan, kedua kesiapan/kondisi anak, solusinya ialah guru harus lebih aktif lagi untuk bisa
mengambil daya konsentrasi anak dengan cara banyak nyanyi melakukan ice breaking serta
melakukan sehingga daya konsentrasinya terpancing untuk bisa kembali focus
Tidak tersedia versi lain