Text
Pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar anak usia dini pada masa pandemi covid 19 di RA/TK/PAUD Bustanuddin Galis Pamekasan
Kata Kunci : Pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar anak usia dini
pada masa pandemi covid 19
Pendidikan pada anak usia dini hakikatnya adalah bertujuan untuk memfasilitasi
pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan dan se maksimal mungkin.
Pendidikan anak usia dini juga harus menyesuaikan dirinya dalam menghadapi tatanan
proses belajar mengajar yang sebelumnya murid dan guru dapat berinteraksi secara langsung
kini harus melaksanakan proses belajar mengajar secara jarak jauh dengan menggunakan
fasilitas smartphone dan kuota. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu apakah
ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar anak usia dini pada masa pandemi covid
19 di RA/TK/PAUD Bustanuddin Galis Pamekasan, bagaimana hasil belajar anak usia dini
sebelum pembelajaran menggunakan smartphone (luring) dengan menggunakan smartphone
(daring). Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui adakah pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar anak usia dini pada masa pandemi covid 19 di
RA/TK/PAUD Bustanuddin Galis Pamekasan, 2. Untuk mengetahui hasil belajar anak usia
dini sebelum pembelajaran menggunakan smartphone (luring) dengan menggunakan
smartphone (daring).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif
eksperimen dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian
pretest posttest countrol group desaign. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa
RA/TK/PAUD Bustanuddin Galis Pamekasan. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini
yaitu dengan menggunakan tes, asesmen (penilaian), dan dokumentasi.
Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu bahwa terdapat pengaruh penggunaan
smartphone terhadap hasil belajar anak di RA/TK/PAUD Bustanuddin. Hasil data di uji
validitas dan reabilitas yang hasilnya valid dan beriabel, kemudian di uji kembali
menggunakan homogenitas dan chi kuadrat yang hasilnya berdistribusi normal dan bervarians
homogen. Terakhir di uji menggunakan varian polled hasilnya tolak Ho terima Ha, dengan t
hitung -2,546 > t tabel 1,688 dengan taraf signifikan 5%. Hasil sebelum pembelajaran
penggunaan smartphone (luring) dengan pembelajaran menggunakan smartphone (daring)
terdapat penurunan yang semula pada nilai prestasi meningkat saat pembelajaran smartphone
nilai prestasi anak mengalami penurunan 70%
Tidak tersedia versi lain