Text
Analisis Asesmen Unjuk Kerja (Performance Assessment) pada Kelompok A di TK Al-Falah II Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021
Kata Kunci: Asesmen, Unjuk kerja, TK Al-Falah II
Asesmen pendidikan anak usia dini merupakan kegiatan yang penting
dilakukan untuk menganalisis dan mengumpulkan data untuk mengetahui sejauh
mana perkembangan anak. penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menarik
yang ditemukan peneliti di TK Al-Falah II dalam kegiatan asesmen unjuk kerja
anak di Kelompok A. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam
penelitian ini, yang pertama, bagaimana penerapan asesmen unjuk kerja
(Performance Assessment) pada kelompok A di TK Al-Falah II Kecamatan Kadur
Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/202. Kedua, bagaimana langkahlangkah asesmen unjuk kerja (Performance Assessment) pada kelompok A di TK
Al-Falah II Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021;
dan ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan asesmen
unjuk kerja (Performance Assessment) pada kelompok A di TK Al-Falah II
Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021; tujuan
penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan dan menganalisis secara jelas
bagaimana asesmen unjuk kerja di TK Al-Falah II.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, lokasi
penelitian di TK Al-Falah II Bangkes Kadur Pamekasan dan sumber data yang
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sebagai informan guru
TK Al-Falah II kelompok A, sedangkan subjek dalam penelitian adalah kelompok
A yang berjumlah 12 anak. pengecekan keabsahan data dilakukan peneliti dengan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan tringulasi.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam pelaksanaan asesmen
unjuk kerja di sekolah TK Al-Falah II khususnya kelompok A memberikan
dampak positif dimana banyak sekali kemajuan-kemajuan yang dirasakan baik
bagi lembaga, guru, siswa dan juga wali murid. Anak-anak mengalami
perkembangan yang sangat pesat, mereka mampu mengembangkan semua aspek
perkembangan dengan baik meskipun ada beberapa anak yang masih belum
sepenuhnya bisa mengambangan aspek-aspek perkembangan tersebut, dengan
diterapkannya asesmen unjuk kerja, guru bisa melihat sejuah mana perkembangan
yang diperoleh anak, sehingga jika ada anak yang mengalami keterlambatan
perkembangan guru bisa langsung memberikan penangan yang tepat yang sesuai
dengan apa yang dibutuhkan oleh anak, serta dengan adanya asesmen unjuk kerja
semua nilai perkembangan anak bisa dijadikan arsip sekolah dan wali murid bisa
melihat proses perkembangan anaknya. Adapun langkah-langkah yang digunakan
sebelum melaksanakan asesmen unjuk kerja yaitu, guru harus mengetahui
perkembangan anak, memilih kegiata yang cocok bagi anak, yang selanjutnya
yaitu guru harus menentukan kriteria penilain unjuk kerja. Faktor pendukung dan
penghamat dalam asesmen unjuk kerja, faktor pendukung yaitu guru yang
profesional dalam artinya guru bisa memahami betul tentang asesmen
pembelajaran sehingga bisa memberikan penilaian yang baik untuk anak.
Sedangkan faktor penghambat yaitu masalah kurangmya waktu yang tidak
memadai saat ada sedang melakukan unjuk kerja
Tidak tersedia versi lain