Text
Implementasi Permainan Lari Estafet dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Kelompok B di TK Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan
Kata kunci: Permainan Lari Estafet, Perkembangan Motorik Kasar
Tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui penerapan
permainan lari estafet dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak
kelompok B di TK Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan. kedua, untuk mengetahui
kendala yang dihadapi guru pada saat pelaksanaan permainan lari estafet dalam
mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Darul Ulum
Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi.
Informasinya adalah guru TK kelompok B, guru TK kelompok A, dan guru KB
(Kelompok Bermain). Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
credibility, transfermability, dependability, confirmability.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama penerapan permainan lari
estafet yang dilaksanakan di lembaga TK Darul Ulum yaitu dilakukan dengan cara
sebelum melakukan permainan guru mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
seperti bola pingpong, paralon dan kardus. Selanjutnya guru akan memberikan
penjelasan bagaimana cara melaksanakan permainan melalui metode demonstrasi.
Kemudian guru akan memanggil anak membentuk sebuah kelompok. Guru akan
memberikan paralon ke masing-masing anak setelah itu guru akan memberikan abaaba pada anak. Guru akan meletakkan bola ke paralon pelari pertama ketika hitungan
ketiga. Pelari pertama akan membawa bola sambil berlari menuju ke pelari kedua.
Setelah selesai pelari kedua akan membawa bola ke pelari ketiga, begitu seterusnya.
Berbeda dengan pelari yang sudah memindahkan bola maka pelari akan berlari ke
posisi pelari terakhir. Kelompok yang dapat membawa bola pertama kali tiba di kardus
diaggap sebagai pemenang. Kedua kendala yang seringkali dihadapi oleh guru pada
saat pelaksanaan permainan lari estafet ialah ketidakpahaman anak terhadap cara
bermain permainan lari estafet. Kemudian yang seringkali ditemui guru yaitu anak
kebingungan harus berlari kemana setelah memindahkan bola. Anak juga kebingungan
ketika bola jatuh dari lintasan paralon. Dengan adanya kendala tersebut maka akan
membuat jalannya permainan terhambat
Tidak tersedia versi lain