Text
Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Padelegan Pademawu Pamekasan
Kata Kunci : Metode Hypnoteaching,Kecerdasan Emosional,Anak Usia Dini
Untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan emosional terhadap
anak usia dini bisa menggunakan metode Hypnoteaching oleh karena itu,
Hypnoteaching sendiri merupakan suatu metode pembelajaran yang
menggunakan teknik-teknik hypnosis dalam pembelajarannya.
Berdasarkanpermasalahan tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang
akan menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu perbedaan yang signifikan
mengajar dengan menggunakan metode Hypnoteaching dalam mengembangkan
kecerdasan emosional anak usia dini, serta peningkatan penerapan metode
Hypnoteaching dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini.
Perbedaan penerapan metode Hypnoteaching dalam mengembangkan
kecerdasan emosional anak usia dini terlaksana dengan baik. Seperti guru saat
mengajar menggunakan lagu-lagu yang menarik, menggunakan alat permainan
dalam belajar, menggunakan media-media kreatif misalnya gambar untuk anak.
Dengan menggunakan metode hpnoteaching tersebut anak bisa menstabilkan dan
meningkatkan kecerdasan emosional anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Hypnoteaching
terhadap anak berhasil dan berdampak positif membuat anak meningkatkan
semangat belajar dan emosional anak terlaksana dengan baik anak yang awalnya
tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, anak lebih paham
mengenai penjelasan yang diberikan oleh guru.
Peningkatan kecerdasan emosianal anak usiadini 5-6 tahun telah terbukti
efektif dan positif. Kecerdasan emosional sangat penting dikembangkan sejak usia
dini karenadengan mengembangkan kecerdasan emosional, individu dapat
mengendalikan emosi-emosi dalam dirinya dan juga memiliki empati pada
lingkungannya
Tidak tersedia versi lain