Text
Penerapan Kmunikasi Interpersonal Guru Dalam Pencapaian Pretasi Belajar Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Trisakti BUddagan Pademawu Pamekasan
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk
memperdalam tentang Penerepan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam
Pencapaian prestasi belajar anak, berbicara tentang mengembangkan, anak usia
tiga sama enam tahun adalah usia yang tepat dalam melakukan sebuah komunikasi
dimana lebih tepatnya dilakukan pada masa pertumbuhan anak, pada usia tersebut
anak anak cepat dalam mengingat hal yang dipelajari, sehingga dengan adanya
Penerepan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pencapaian prestasi belajar
anak sudah tepat dalam mengambangkan komunikasi dengan pencapaian prestasi
belajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini
adalah: Bagaimana proses penerapan komunikasi interpersonal guru dalam
pencapaian prestasi belajar anak usia dini kelompok B di TK Trisakti Buddagan
Pademawu Pamekasan. Topik apa saja yang diterapkan dalam penerapan
komunikasi interpersonal guru dalam pencapaian prestasi belajar anak usia dini
kelompok B di TK Trisakti Buddagan Pademawu Pamekasan. Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam penerapan komunikasi interpersonal guru
dalam pencapaian prestasi belajar anak usia dini kelompok B di TK Trisakti
Buddagan Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. adapun pendekatannya yang
digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang
diperoleh dari penelitian ini, yaitu dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui guru TK Trisakti
Buddagan Pademawu Pmekasan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan
analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya
menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian bahwa Penerepan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam
Pencapaian Prestasi Belajar Anak Usia Dini di TK Trisakti Buddagan Pademwu
Pamekasan menunjukkan bahwa penggunaan komunikasi interpersonal
merupakan rancanagan kegiatan proses belajar mengajar yang menghasilkan suatu
pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam pencapain prestasi belajar
anak. yaitu dimulai dengan kegiatan sederhana yang mana kegiatan tersebut
memasuki kegiatan belajar mengajar. Memberikan penjelasan dengan baik dengan
mengajarkan anak bisa mencapai prestasi belajar. Dalam Penerepan Komunikasi
Interpersonal Guru Dalam Pencapaian prestasi belajar anak usia dini di TK
Trisakti ini ada faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung ini
melalui anak bercerita serta melakukan Tanya jawab, dan faktor penghambat anak
masih lambat dalam berfikir sehingga pencapainnya tidak dapat dicerna dengan
baik
Tidak tersedia versi lain