Text
Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Bustanul Atfal IV IV Jalan Bhayangkara RT.01/RW.02 Dusun Timur Desa Laden Kecamatan Pamekassan Pamekasan
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini
Metode adalah sebuah garis pola yang sudah ditentukan oleh seorang pemimpin untuk
mencapai suatu pembelajaran. Guru harus mempunyai sebuah metode agar tercapai sebuah
pembelajaran yang ingin dicapai. Sebuah pembelajaran akan menjadai efektif jika guru
memiliki metode yang tepat yang sesuai dengan kemampuan anak. Mengajari anak tentunya
tidak sama dengan mengajari orang dewasa.
Guru dituntut untuk kreatif agar anak tetap terfokuskan pada guru tersebut, jika anak
selalu fokus pada guru maka kemampuan anak cepat meningkat karena anak usia dini
merupakan anak yang unik yang berada pada masa golden age/keemasan pada masa tersebut
anak mudah untuk berkembang dan anak memiliki sifat peniru jadi sikap guru gampang ditiru
oleh anak. Mengenal huruf salah satu petunjuk untuk umat islam, selain sebagai petunjuk
Mengenal huruf juga merupakan kitab yang diturunkan Allah pada nabi Muhammad. Maka
dari itu Mengenal huruf sangat penting diajarkan sejak anak usia dini. Berangkat dari
fenomena tersebut maka penelitian dilakukan dengan judul” Implementasi Metode Bernyanyi
Dalam Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Bustanul Atfal
Dsn. Timur Laden Ds. Laden Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penulis
menggunakan wawancara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi,
dokumentasi, wawancara. Sedangkan tekhnik analisis datanya menggunakan deskriptif
analisis. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan
pengamatan, peningkatan ketekunan pengamat, trianggulasi. Adapun tahapan penelitian yang
digunakan ada 3 tahapan : a.) tahap pra lapangan b.) tahap kegiatan lapangan c.) tahap
pelaporan.
Hasil yang didapatkan tentang Starategi Guru Dalam tgkan Kemampuan Mengenal huruf
Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Bustanul Atfal Dsn. Timur Laden Ds.
Laden Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan adalah yang pertama tahap perencanaan/rancangan
vi
dalam tahap ini guru membuat RPPH setelah itu guru mengabsen siswa untuk mengecek
kehadiran anak, dan memberi sebuah motivasi serta rangsangan untuk anak. Yang kedua
tahap pelaksanaan pada tahap ini anak membaca doa sebelum belajar dan mebaca huruf dan
menggunakan metode huruf , pada metode ini ada buku panduanya berupa buku huruf , buku
tersebut dikumpulkan didepan dimeja guru, dan sistem bacanya yaitu dilakukan dengan
indivudu/privat, serta memulai bacanya dengan taawudz jika ada mad maka menggunakan
jari untuk menghitung panjang madnya. Yang ketiga evaluasi yaitu dengan cara mengetes
setiap bacaan anak dan menggunakan symbol bintang untuk yang sudah berhasil
Tidak tersedia versi lain