Text
Implementasi APE papan berhitung dalam pengenalan matematika anak (di kelompok B TK Dharma Wanita Tebul Timur Pegantenan Pamekasan)
Kata Kunci : Implementasi APE papan berhitung dalam pengenalan matematika anak
Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti
memperdalam keunikan dari media alat permainan edukatif papan
berhitung dalam pengenalan matematika anak, yang di buat oleh salah satu
guru memiliki inovasi terbaru untuk menarik perhatian anak dalam kegiatan
belajar mengajar pengenalan pembelajaran matematika agar tidak monoton
dan mudah jenuh, dan kemampuan anak bisa berkembang dengan optimal,
salah satunya dengan membuat media APE papan berhitung, yang mana
APE yang di buat oleh salah satu guru di TK Dharma Wanita ini memiliki
keunikan tersendiri, karena terbuat dari bahan yang gampang di temukan
dan tidak memakan biaya yang mahal yaitu terbuat dari bahan alam berupa
kardus yang kokoh yang di bentuk menjadi balok dan di atasnya di beri segi
tiga sehingga berbentuk bangunan rumah, dan di lapisi dengan kertas
Alaska warna-warni, di setiap sisi papan memuat pembelajaran matematika
dasar, seperti menghubungkan, mengurutkan, membandingkan dan
mengelompokkan selain itu di setiap sisi papan di ajarkan 4 tema dan sub
tema yaitu tema alat trasportasi, alat komunikasi, kebutuhan dan tumbuhan
untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan yang di miliki anak
dan pengembangan kreativitas dan daya nalar anak. uniknya lagi APE
papan berhitung ini bisa di otak atik dan di bolak balik sehingga menjadi
multi fungsi.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana
implementasi mengunakan APE papan berhitung dalam pengenalan
matematika anak, dan bagaimana implementasi pencapaian perkembangan
anak dalam pengenalan matematika melalui pengunaan APE papan
berhitung, tujuan dari penelitian ini 1) mendeskripsikan implementasi
mengunakan APE papan berhitung dalam pengenalan matematika anak,2)
mendeskripsikan pencapaian perkembangan anak dalam pengenalan
matematika melalui pengunaan APE papan berhitung. Metode penelitian
ini mengunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif,
sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di TK
DharmaWanita Tebul Timur ,data yang di peroleh yaitu dengan cara
metode obsrvasi (pengamatan) wawancara dan dokumentasi, adapun tehnik
analisisnya mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarik
kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan data mengunakan
perpanjang kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan dan tringulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi APE papan
berhitung dalam pengenalan matematika anak guru memulai kegiatan
pembelajaran dengan menjelaskan terlebih dahulu secara pelan-pelan dan
mendetail secara berulang- ulang dan di kombinasikan dengan bernyanyi
dan guru jugamemberikan contoh agar anak bisa memahaminya, pada
pencapaian perkembangan dalam pengunaan APE papan berhitung anak
dapat mengembangkan aspek aspek pengembangan, dan kreativitas dan
potensi yang di milki oleh anak dapat terasah dan terlatih, selain itu anak
juga bisa memecahkan masalah sederhana, dan daya imajinasi dan
menalarnyajuga dapat di kembangkan melalui pengunaan APE papan
berhitung dalam pengenalan matematika
Tidak tersedia versi lain