Text
Implementasi Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kemampuan Aspek Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata kunci : Tadabbur Alam, Aspek Nilai Agama dan Moral
Tadabbur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal
Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh keingin tahuan peneliti tentang bentuk implementasi tadabbur
alam. Tujuan penelitian ini mengetahui implementasi tadabbur alam dalam
meningkatkan kemempuan aspek nilai agama dan moral anak usia dini di TK AlQur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut maka
ada dua fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yakni: Pertama,
apa bentuk implementasi tadabbur alam di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan? Kedua, implementasi tadabbur alam dalam meningkatkan
kemampuan aspek nilai agama dan moral anak usia dini di TK Al-Qur’an
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan? Ketiga, faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam pelaksanaan kegiatan tadabbur alam?
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh
peneliti berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan informan Kepala
Sekolah dan Guru di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama bentuk Implementasi
tadabbur alam ini sudah sangat baik untuk diterapkan pada anak usia dini, tetapi
ada juga hal yang masih kurang dalam kegiatan tadabbur alam ini. Dalam kegiatan
tadabbur alam ini Bentuk implementasi nya ada dua yaitu dilaksanakan di dalam
kelas dan dilaksanakan diluar kelas. Anak sangat semangat untuk belajar di luar
kelas ataupun di dalam kelas dan anak juga sangat aktif untuk bertanya kepada
ustadzah tentang hal yang belum ia mengerti. Guru memberikan materi sesuai
dengan RPPH dan RPPM yang sudah di tetapkan oleh sekolah. Kedua,
implementasi tadabbur alam dalam meningkatkan kemampuan aspek nilai agama
dan moral anak usia dini yaitu kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan
kemamouan aspek nilai agama dan moral anak usia dini karena dalam kegiatan ini
anak diajarkan secara langsung tentang ciptaan-ciptaan tuhan dan anak juga
diajarkan tentang mana yang bukan termasuk ciptaan-ciptaan tuhan dengan
kegiatan ini lah anak akan lebih percaya bahwasannya Allah itu benar-benar ada
dan dalam kegiatan tadabbur alam untuk meningkatkan kemampuan aspek nilai
agama dan moral. Ketiga, kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan tadabbur
alam ini adalah dapat menambah wawasan kepada anak untuk mengetahui dan
memahami lingkungan alam sekitar serta dapat menambah pengalaman baru bagi
anak dan faktor penghambatnya yaitu sekolah tidak memiliki transportasi sendiri
dan orang tua cemas terhadap keselamatan anak
Tidak tersedia versi lain