Text
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid- 19 di TK Muslimat 2 Khadijah Sampang
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Tatap Muka, Masa Pandemi Covid’19
Semakin lama pembelajaran tatap muka tidak terjadi, semakin besar pula
dampak negatif yang terjadi pada anak. Kekhawatiran tersebut didasarkan atas tiga
resiko yang mungkin timbul dari hilangnya pembelajaran tatap muka. Resiko
pertama adalah ancaman putus sekolah. Situasi ekonomi selama pandemi
seringkali memaksa orang tua untuk melibatkan anak membantu keuangan
keluarga. Lama- kelamaan, situasi tersebut dapat mendorong anak putus sekolah.
Ditambah lagi, sebagian orang tua tidak bisa melihat peranan sekolah dalam proses
belajar mengajar apabila proses pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
tatap muka di masa pandemi covid’19 di TK Muslimat 2 Khadijah, dan kedua
Apakah faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi
covid’19 di TK Muslimat 2 Khadijah. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu
untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi
dan untuk mengetahui faktor penghambat pembelajaran tatap muka di masa
pandemi covid’ 19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data penelitian meliputi sumber data manusia yaitu (Kepala sekolah, dan
guru) dan sumber data yang diperoleh dari non manusia adalah dokumentasidokumentasi yang berhubungan dengan data yang diperoleh dari sumber
sebelumnya. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara,dan
dokumentasi. Langkah menganalisis data dengan mereduksi, menyajikan,
kemudian menyimpulkan data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di masa
pandemi covid 19. Konsep pembelajaran tatap muka PTM terbatas di masa pandemi
covid 19 adalah mengatur PTM dengan mengendalikan jumlah peserta didik setiap
rombongan belajar, tidak sesuai dengan jumlah normalnya, maksimal separuhnya.
Jarak antara kursi dan meja juga diatur dan peserta didik tidak harus ikut
pembelajaran secara penuh tetapi materi pembelajaran yang diberikan dipilih yang
paling penting sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran
di TK muslimat 2 Khodijah mengacu pada surat edaran dinas Pendidikan
Kabupaten Sampang 420/1600/434.201/2001 tentang pelaksanaan pembelajaran
tatap muka PTM terbatas tahun pelajaran 2021/2022. Pembelajaran tatap muka
dilaksanakan dengan sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan dalam rangka
pencegahan penyebaran virus covid 19 di lingkungan sekolah. Pelaksanaan tatap
vi
muka dilaksanakan dengan jumlah maksimal peserta didik ruang kelas sebanyak 5
anak, serta memenuhi daftar periksa perlengkapan protokol kesehatan covid 19.
Faktor- faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa
pandemi covid- 19 yaitu adalah: Pembagian jadwal tatap muka terbatas tidak sesuai
dengan jadwal di sekolah dan Penilaina perkembangan harian anak kurang
maksimal.
Tidak tersedia versi lain