Text
Kolaborasi Antara Peran Orang Tua dan Guru Dalam Model Pembelajaran di Masa Pandemi di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan
Kata Kunci: Peran Orang Tua dan Guru, Pembelajaran di Masa Pandemi.
Peran orang tua dan guru pada pembelajaran daring adalah suatu usaha yang
dilakukan secara bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai
tujuan bersama. Salah satu lembaga yang melakukan kolaborasi antara peran orang
tua dan guru pada pembelajaran daring adalah TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan.
Kolaborasi ini dilakukan dengan tujuan agar terjalin komunikasi semakin erat antara
orang tua dan guru supaya semakin tau peran mereka masing-masing dalam
pembelajaran daring ini.
Ada dua fokus penelitian didalam penelitian ini, pertama Bagaimana peran
orang tua dan guru dalam pembelajaran daring di masa pandemi di TK PKK Nyalabu
Daya Pamekasan, kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
kolaborasi antara peran orang tua dan guru dalam pembelajaran daring di masa
pandemi di TK PKK Nyalabu Daya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data,
menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan
datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama kolaborasi antara peran orang tua
dan guru pada pembelajaran daring yaitu: peran guru adalah membimbing serta
mengarahkan siswa agar tercapai tujuan pembelajaran yang telah di sepakati, peran
orang tua adalah memfasilitasi kebutuhan anak agar anak dapat belajar dengan baik
seperti memfasilitasi buku bacaan dan buku tulis, pensil dll. Jadi kolaborasi yaitu
untuk menjalin komunikasi aktif yang baik agar tercapai suatu tujuan bersama dalam
mewujudkan pendidikan. Kedua faktor pendukung dan penghambat peran guru dan
orang tua dalam pembelajaran daring yaitu: faktor pendukung adalah turut
mendorong, meyokong menunjang dan membantu mempercepat terjadinya sesuatu
dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat yang terjadi pada masa pembelajaran
daring ini masih banyak dari wali murid / orang tua yang tidak memiliki alat
komunikasi yang memadai untuk melakukan pembelajaran daring sehingga itu yang
memjadi hambatan
Tidak tersedia versi lain