Text
Korelasi Antara Motivasi Terhadap Kreativitas Belajar Anak TK AL-FIRDAUS Desa Tambung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten pamekasan
Kata Kunci: Motivasi, Kreativitas Belajar
Saat era globalisasi seperti sekarang ini, institusi pendidikan
mempunyai peranan penting untuk menyiapkan sumber daya manusia yang
berkualitas. Persiapan sumber daya manusia yang berkualitas dengan melalui
pendidikan, karena pendidikan memegang peranan penting di dalam kehidupan
dan kemajuan umat manusia. Oleh karena itu, salah satu langkah awal dan
sangat penting dalam kehidupan yaitu belajar, karena belajar merupakan
sumber pengetahuan awal untuk bertindak dalam kehidupan maka dengan hal
tersebut di perkenalkan dunia pendidikan formal awal disebut dengan
pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk mencerdaskan anak usia dini melalui
pembelajaran yang di berikan para guru dengan cara memberikan bekal ilmu
dengan strategi dan teknik yang tepat terhadap para siswa/siswi, salah satunya
TK/RA AL-FIRDAUS memberikan motivasi melalui kreativitas belajar.
Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah pertama, adakah korelasi antara motivasi terhadap kreativitas belajar
anak TK Al-Firdaus? kedua,seberapa besar korelasi antara motivasi terhadap
kreativitas belajar anak TK Al-Firdaus? Dengan tujuan untuk mengetahui
hubungan dan besarnya korelasi antara antara motivasi terhadap kreativitas
belajar anak TK Al-Firdaus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif
korelasional, sabjek penelitian menggunakan populasi dan sampel, Instrumen
pengumpulan data wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan dengan pra penelitian dan pra syarat yaitu, uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji linearlitas dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian dan pengolahan data penelitian diperoleh hasil
uji validitas dari variabel X (Pemberian Motivasi) dan Variabel Y (Kreativitas
Belajar) di katakan valid karena nilai koefisien korelasi lebih tinggi dari rtabel
0,3061. Sedangkan dari hasil uji reliabilitas antara pemberian motivasi dan
kreativitas belajar anak dengan teknik Crobach Alpha yaitu 0,853 dan 0,899
keterangan reliabel.
Berdasarkan uji prasyarat dari hasil pengolahan data penelitian dapat
dilihat dari hasil uji normalitas yaitu histogram dan normal plot dan uji linearlitas
bahwa ada hubungan antara motivasi dengan kreativitas belajar dilihat hasil nilai
signifikan 0,112 ≥ 0,05 dan nilai F 0,1981 ≤ 2,53, berdasarkan hasil pengelolahan
uji hipotesis korelasi antara motivasi terhadap kreativitas belajar adalah 0,783
disertai signifikan 0,000 (0,000 ≤ 0,05) korelasi kuat.
Tidak tersedia versi lain