Text
Implementasi Ice Breaking dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di POS PAUD Darussalamah Baruh Sampang
Kata Kunci : Implementasi Ice Breaking dapat Meningkatkan Motivasi Belajar
Anak Usia Dini.
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi
Ice Breaking dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini, 2) Untuk
Mendeskripsikan Peningkatan Implementasi Ice Breaking dapat Meningkatkan
Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu Guru di POS PAUD Darussalamah Desa Baruh Kecamatan
Sampang. Data yang diperoleh yaitu dengan cara Metode Perencanaan,
Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Ice Breaking dapat
Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di POS PAUD Darussalamah
Baruh Sampang yaitu peran guru sebagai : Motivator, Pengarah, dan Fasilitator.
Pada Implementasi ice breaking dapat meningkatkan motivasi belajar pada anak
usia dini di sekolah POS PAUD Darussalamah Desa Baruh Kecamatan Sampang
bahwa guru mampu menerapkan ice breaking di kegiatan pembuka, kegiatan inti
maupun kegiatan akhir pembelajaran, guru juga menerapkan ice breaking saat
kondisi kelas sudah tidak kondusif. Adapun jenis ice breaking yang digunakan di
sekolah POS PAUD Darussalamah, diantaranya: ice breaking jenis yel-yel, tepuk
tangan, lagu dan game, tanpa adanya ice breaking kurang motivasi anak saat
mengikuti pelajaran, jadi penerapan ice breaking sangat membantu menumbuhkan
semangat belajar anak dan memiliki peran penting dalam mengatasi kebosanan.
Tidak tersedia versi lain