Text
Hubungan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kinerja Guru TK Di TKS Mentari Bangkit Pamekasan
Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan, Kinerja Guru.
Kualitas pendidikan akan terwujud jika proses belajar mengajar di kelas
berlangsung dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya
komponen yang mendukung, yang salah satunya adalah kinerja guru yang
profesional. Kinerja guru dalam proses belajar mengajar ditentukan oleh latar
belakang pendidikan. Oleh karna itu permasalahan yang diangkat adalah: (1)
Bagaimana latar belakang pendidikan guru TK di TKS Mentari Bangkit Pamekasan?
(2) Bagaimana kinerja guru TK di TKS Mentari Bangkit pamekasan ditinjau dari
latar belakang pendidikan ?
Penelitian ini dilakukan pada guru TK di TKS Mentari Bangkit Pamekasan
jumlah 6 Orang. Variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini adalah Latar
Belakang Pendidikan (X) sedangkan variabel terikatnya adalah Kinerja Guru (Y).
Pengumpulan data dengan cara dokumentasi, tes dan angket. Data yang terkumpul
kemudian dianalisis dengan analisis diskriptif presentase dan analisis regresi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Latar belakang
pendidikan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru TKS mentari bangkit
pamekasan dengan nilai thitung (X) 2,517 >ttabel 1,671,dan nilai signifikan 0,015<
a=0,05. Secara simultan latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap kinerja guru
TKS mentari bangkit pamekasan, dan nilai Fhitung 43,525> Ftabel 2,76 dan tingkat
signifikan sebesar 0,00 < a= 0,05
Tidak tersedia versi lain