Text
Model Evaluasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Pkk Sopa’ah Pamekasan
Kata Kunci : Model Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran daring, Covid-19
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat esensial bagi perkembangan anak.
Adapun PAUD diartikan sebagai segenap upaya pendidikan dalam memfasilitasi
Perkembangan dan belajar anak sejak lahir atau 0 tahun sampai dengan usia 6 tahun
melalui penyediaan berbagai pengalaman dan rangsangan yang bersifat
mengembangkan, terpadu, dan menyeluruh sehingga anak dapat berkembang secara
sehat dan optimal sesuai dengan nilai dan norma yang dianut. Penelitian ini difokuskan
pada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama,
Bagaimana upaya guru dalam menerapkan model evaluasi pembelajaran di masa
pandemi Covid-19, Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran
anak usia dini melalui model evaluasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di TK
PKK Sopa’ah Pamekasan. Metode penelitain yang digunakan adalah penelitian
kualitatif, lokasi penelitian di TK PKK Sopa’ah Pamekasan. Dalam pengumpulan
datanya menggunakan metode observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan
dokumentasi, dengan menggunakan analisis mereduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data
dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Dari hasil penelitian ini adalah: Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru
untuk menerapkan model evaluasi pembelajaran di masa pandemi yang pertama guru
melakukan proses pembelajaran daring dengan menggunakan sarana dan prasarana
yang berupa media sosial (Handphone, laptop, dan kuota internet). Kedua, guru
menyiapkan RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) sebagai acuan
materi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran daring. Ketiga, guru
memberikan tugas yang akan dikerjakan dirumah. Tentunya dalam pengumpulan tugas
tersebut dapat disetor atau dikumpulkan kepada guru melalui media foto atau video.
Kemudian yang terakhir yaitu guru menjadikan satu tugas-tugas anak dalam bentuk
portofolio atau hasil kerja anak supaya mempermudah proses evaluasi atau penilalian.
Dan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran anak usia dini yaitu
tersedianya sarana dan prasarana yang berupa seperangkat media yang berupa hp
android atau laptop. Faktor penghambat terdiri dari keterbatasan penggunaan
teknologi, dan keterbatasan waktu
Tidak tersedia versi lain