Text
Kompetensi Profesional Guru Di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Guru
Keberadaan guru yang profesional tidak perlu ditawar-tawar lagi. Guru
profesional adalah guru yang memiliki sejumlah kompetensi yang dapat menunjang
tugasnya. Dalam perspektif kebijakan nasional, sebagaimana yang telah tercantum dalam
penjelasan Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Standart Nasional
Pendidikan bahwa standart kompetensi lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi
kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Maka dari itu, standar
kompetensi lulusan tersebut harus ada pada diri seorang guru.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua fokus yang menjadi kajian dalam penelitian
ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran kompetensi profesional guru di PAUD Nurul Hikmah
Pamekasan? Kedua, bagaimana strategi kompetensi profesional guru dalam menumbuhkan
minat belajar anak di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan adapun pendekatannya yang digunakan
pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini,
yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh
melalui kepala sekolah, serta guru TK di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan. Adapun teknis
analisis datanya menggunakan checking data, organizing (pengelompokan), serta penarikan
kesimpulan dan verifikasi (counclusion drawing/verification). Sedangkan teknik pengecekan
keabsahan datanya menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan
peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, gambaran kompetensi pofesional guru di
PAUD Nurul Hikmah Pamekasan yaitu: kemampuan guru dalam mengelola suatu
pembelajaran bahwa guru sudah merencanakan kurikulum sekolah sebelum tahun ajaran baru
dimulai. Mulai dari jadwal pembelajaran serta kegiatan yang akan dilakukan. Kemampuan guru
dalam menguasai materi pembelajaran,yaitu guru sebelum memulai pembelajaran sudah
mengetahui jadwal yang akan dipelajari dan sudah menyiapkan kegiatan dan tugas-tugas yang
akan dilakukan oleh anak-anak. Kemampuan guru dalam menggunakan dan mengelola media
pembelajaran, media pembelajara yang digunakanya harus berupa benda nyata atau asli agar
mudah dipahami oleh anak-anak. Kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar anak,
evaluasi yang digunakan yaitucatatan anekdot, lembar tugas, penilaian observasi, buku
penghubung dan juga mengevaluasi setiap jam pulang sekolah. Kedua, bagaimana kompetensi
profesional guru dalam menumbuhkan minat belajar anak, yang guru lakukan yaitu guru
membuat media pembelajaran yang aneh dan menarik, belajar sambil bercerita, serta belajar
sambil bermain
Tidak tersedia versi lain