Text
Upaya Meningkatkan Perkembangan Artikulasi Bahasa Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
Kata kunci : Bermain Peran, Anak Usia Dini, Artikulasi Bahasa
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan artikulasi
bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran di RA
Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini dilakukan karena artikulasi bahasa
anak masih kurang lancar dan kurang tepat hal ini disebabkan oleh beberapa
faktor yang terdapat dalam diri anak dan metode permain peran di kelompok
A belum di lakukan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana upaya guru
meningatkan perkembangan artikulasi bahasa anak dengan menggunakan
metode bermain peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan
Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kedua, apa saja manfaat dari
upaya meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini dengan
menggunakan metode bermain peran di RA Muslimat NU Nurud Dholam
Desa Majungan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Ketiga, apa
saja faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan perkembangan
artikulasi bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran
diRA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
secara kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Suharsimi
Arikunto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A di RA
Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 siswa dan
7 siswi. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan artikulasi
bahasa dengan menggunakan metode bermain peran. Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah lembar observasi anak. Untuk teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan nilai persentase yang dicapai anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru dalam
meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak usia dini di RA
Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan yaitu dengan memberi motivasi pada anak yang
bermasalah dalam pengartikulasian bahasa, melatih membimbing anak
dengan telatin. Kedua, manfaat dari meningkatkan perkembangan artikulasi
bahasa anak usia dini di RA Muslimat NU Nurud Dholam Desa Majungan
Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan yaitu anak mampu
mengungkapkan bahasanya dengan tepat dan dapat difahami oleh orang lain.
Ketiga, faktor pendukung dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak
usia dini yaitu dengan strategi guru dalam merencanakan kegiatan bermain
peran, ketersediaan media, dan kerjasama antara guru wali kelas dan peneliti,
sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan perkembangan artikulasi
bahasa anak usia dini yaitu tidak meningkatnya pada tindakan siklus I
sehingga peneliti melanjutkan pada tindakan siklus ke II karena anak kurang
fokus ketika guru menjelaskan dan sibuk berbicara dengan temannya. Metode
bermain peran dapat meningkatkan perkembangan artikulasi bahasa anak
kelompok A RA Muslimat NU Nurud Dholam Pamekasan. Peningkatan ini
dapat di lihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Hasil
peningkatan pada siklus I mencapai 49,17% dan pada siklus II meningkat
menjadi 68,58%
Tidak tersedia versi lain