Text
Implementast Metode Kartu Huruf Dalam Pengembangan Membaca Permulaan Bagi Siswa Di Kelompok B TK PKK Kelurahan Kangenan Pamekasan Tahun Ajaran 2021/ 2022
Kata Kunci:Implementasi Metode Kartu Huruf,Pengembangan Membaca Permulaan,
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak
sejak lahir sampai pada usia enam tahun yang dilakukan dengan memberikan rangsangan untuk membantu
perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Pendidikan anak usia dini penting dilaksanakan sebab anak usia 0-6 tahun berada pada masa peka yaitu
masa dimana seluruh potensi anak dapat dikembangkan secara optimal baik dalam aspek fisik,
bahasa,kognitif,sosial-emosional,maupun moral-agama.
Media adalah sumber belajar, maka secara luas media dapat diartikan dengan
manusia, benda, ataupun peristiwa yang memungkinkan siswa memperoleh
pengetahuan dan keterampilan.
Kartu huruf merupakan salah satu media pembelajaran visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat.
Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar.Kartu huruf termasuk dalam alat
permainan edukatif karena memenuhi syarat- syarat sebagai alat permainan edukatif yang dapat dijadikan
media dalam pembelajaran.
Permainan kartu huruf ini merupakan salah satu metode bermain yang cukup efektif dalam
mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Sebab anak pada usia 5-6 tahun masih
pada tahap pra operasionalyaitu anak belajar melalui benda konkret.
Permainan kartu huruf ini memiliki cukup banyak kelebihan yaitu dapat dikreasikan dengan
beberapa cara bermain, media yang mudah di dapat ataupun dibuat,sesuai dengan tahap usia anak dimana
anak belajar menggunakan sesuatu yang konkret atau dapat dilihat sehingga mudah di ingat, dan memberi
kebebasan pada anak untuk berekspresi menyusun huruf menjadi sebuah kata sesuai dengan idenya Seperti
halnya anak dalam belajar membaca permulaan,mengenal huruf dan kata,guru memberikan ruang yang
cukup luas kepada anak agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir dan daya ciptanya,dengan
menggunakan salah satu strategi untuk memikat ketertarikan anak dalam belajar membaca permulaan.Dalam
pengembangan strategi membaca permulaan pada anak salah satunya menggunakan metode kartu
huruf. Dalam hal ini permainan kartu huruf dikemas dan dikreasikan dengan baik. Untuk itu
dibutuhkan permainan kartu huruf yang cukup menarik agar anak lebih aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
Berbagai macam permainan yang menggunakan kartu huruf, sebagaimana salah satunya
adalah permainan mencari huruf dan permainan mencocokkan huruf. Permainan mencari huruf
tujuannya adalah memudahkan siswa dalam mengingat huruf abjad, melatih siswa agar lebih
tanggap, menumbuhkan rasa semangat belajar, dan memudahkan siswa dalam menguasai dan
memahami istilah/ kata. Permainan mencocokkan huruf disini anak ditugaskan mencocokkan huruf
yang sesuai dengan gambar dan tulisan yang ditunjukkan guru. Alat dan bahan yang digunakan
adalah gambar yang dibawahnya terdapat nama gambar serta kartu huruf. Dalam permainan ini
tetap berpedoman pada prinsip - prinsip bermain sehingga dalam permainan kartu huruf ini
prinsipnya adalah melibatkan peran aktifanak, yaitu anak sebagai pelaku dalam permainan
Membaca permulaan merupakan tahap awal dari membaca yang difokuskan kepada
mengenal symbol - symbol atau tanda - tanda yang berkaita dengan huruf- huruf, sehingga menjadi
pondasi agar siswa dapat melanjutkan ketahap membaca lanjut. Membaca permulaan merupakan
suatu proses keterampilan dan kognitif. Proses keterampilan menunjukkkan pengenalan dan
penguasaan lambang - lambang fonem, sedangkan proses kognitif menunjukkan pada penggunaan
lambang - lambang fonem yang sudah dikenal untuk memahami makna suatu kata atau kalimat
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi.informasinya adalah kepala sekolah TK PKK Kelurahan Kangenan, Guru TK
PKK Kelurahan Kangenan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan pengamatan, kredibilitas dan perpanjangan keikut sertaan,triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan.Dari hasil penelitian ada
beberapa faktor yang yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi metode kartu huruf
dalam pengembangan membaca permulaan siswa di kelompok B TK PKK Kelurahan Kangenan.
Faktor pendukungnya yaitu pola asuh orang tua, penerapan pembeajaran guru yang diberikan
dengan menggunakan model klasikal dengan kegiatan bermain sambal belajar, anak dibebaskan
bermain APE sambal belajar. Yang menjadi faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakter anak,
seperti anak pendiam dan anak yang nakal, perbedaan kebiasaan dirumah dan disekolah, dan
keterbatasan APE. Dari hasil penerapan metode kartu huruf dalam pengembangan membaca permualaan dapat
disimpulkan bahwa mengembangkan membaca permulaan anak dapat di implementasikan
melalui metode kartu huruf. Sedangkan secara khusus, dapat disimpulkan bahwa
mengembangkan kemampuan membaca permulaan dalam aspek kepekaan anak terhadap
mengenal huruf dapat melalui metode kartu huruf.
Tidak tersedia versi lain