Text
STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KECIL KERAJINAN GENTENG PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BLU’URAN KECAMATAN KARANG PENANG KABUPATEN SAMPANG
ABSTRAK
Sulis Nurholisoh, 2022, Strategi Pemasaran Industri Kecil Kerajinan Genteng
pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Blu’uran Kecamatan Karang Pennag
Kabupaten Sampang”, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing
Dr.R. Agoes Kamaroellah,M.Si.
Kata Kunci:Strategi, Pemasaran, Kerajinan Genteng, Covid-19
Fenomena yang sering terjadi dalam dunia usaha adalah sulitnya
melakukan konsep pemasaran yang baik dan benar sesuai dengan objek pasar
yang ditentukan, begitu pula dengan industri kecil kerajinan genteng. Industri
kecil kerajinan genteng dewasa ini mengalami penurunan dalam segi penjualan
dan proses pembuatannya. Terlebih semenjak adanya pandemi covid-19 yang
memberikan dampak kurang baik terhadap perkembangan kerajinan genteng.
Berdasarkan fenomena tersebut, ada dua pembahasan yang menjadi fokus
penelitian, yaitu: pertama, Bagaimana strategi pemasaran industri kecil kerajinan
genteng pada masa pandemi covid-19 di Desa Blu’uran. Kedua, bagaimana faktor
penghambar dan faktor pendukung kerajinan genteng di Desa Blu’uran pada masa
pandemi covid-19. Berdasarkan fokus penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini
adalah. Pertama, untuk mengetahui strategi pemasaran industri kecil kerajinan
pada masa pandemi covid-19 di Desa Blu’uran. Kedua, untuk mengetahui faktor
penghambat dan faktor pendukung kerajinan genteng di Desa Blu’uran pada masa
pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah pemilik usaha dan pengrajin. Sedangkan pengecekan
keabsahan data yang dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan
kecukupan referensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 komponen strategi pemasaran yang
digunakan selama pandemi covid-19, yaitu strategi produk, strategi harga, strategi
tempat distribusi, dan strategi promosi penjualan. Adapun faktor penghambat dari
strategi pemasaran kerajinan genteng ada tiga yaitu: pertama, proses produksi
yang kurang efesien. kedua, pandemi covid-19. Ketiga, bahan baku yang
digunakan semakin mahal. Sedangkan faktor pendukung dari strategi pemasaran
kerajinan genteng ada dua yaitu: pertama, memperluas pangsa pasar. Kedua,
menambah modal
Tidak tersedia versi lain