Text
STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstrak Informatif
Buku berjudul strategi pembelajaran jarak jauh dalam infrastruktur yang buruk ini memberikan gambaran tentang program pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan pada masa pandemi covid 19. Buku ini berisi tentang materi yang terbagi dalam 6 bab. Bab 1 merupakan pendahuluan berisi tentang masalah yang dihadapi dalam pembelajaran jarak jauh, pengertian pembelajaran jarak jauh, kelebihan pembelajaran jarak jauh, kekurangan pembelajaran jarak jauh, karakteristik pembelajaran jarak jauh, teknologi pembelajaran jarak jauh, kelebihan dan kekurangan teknologi pembelajaran jarak jauh. Bab 2 menjelaskan tentang pengertian ekosistem Infrastruktur teknologi informasi, komponen infrastruktur teknologi informasi, jenis infrastruktur teknologi informasi, manfaat infrastruktur teknologi informasi, pengertian kondisi ekosistem infrastruktur buruk, pentingnya infrastruktur internet dalam pembelajaran jarak jauh, metode keterampilan menggunakan internet, kondisi ekosistem infrastruktur saat ini. Bab 3 menjelaskan tentang wilayah tertentu yang masih dalam infrastruktur buruk, meliputi belum adanya jaringan listrik, wilayah memiliki energi angin, belum adanya jaringan telepon, sejarah telepon, jaringan telepon di Indonesia, perusahaan penyedia jaringan telepon, belum adanya jaringan internet, dan desa yang memiliki akses internet buruk. Bab 4 menjelaskan tentang tantangan kebutuhan teknologi meliputi infrastruktur komunikasi atau internet, piranti komputasi atau komputer, meliputi komputer, handphone, dan laptop, software dan aplikasi pembelajaran, pengertian software, pengertian software menurut para ahli, fungsi software, software berdasarkan jenisnya, software berdasarkan mendistribusinya, aplikasi pembelajaran dan konten dinamis atau berkualitas. Bab 5 menjelaskan tentang kompetensi memenuhi kebutuhan pembelajaran jarak jauh dalam infrastruktur buku meliputi Download buku dengan memory card, download materi dengan flash disk, mengajar via WhatsApp (WA), kombinasi daring dan luring. Bab 6 merupakan penutup dan kesimpulan yaitu proses kegiatan pembelajaran harus tetap terlaksana, ketidakberdayaan tidak menyurutkan peran serta guru, peran guru dalam pembelajaran jarak jauh, peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh, peran pemerintah wajib memenuhi infrastruktur dan kebijakan pemerintah.
(NRI)
Tidak tersedia versi lain